bar-merah

Naik lagi, kasus Covid-19 di Indonesia bertambah 36.057 pada 6 Februari

Covid-19
Ilustrasi mutasi virus Covid-19 (Sumber : Freepik)

ZONAUTARA.com – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Sebagaimana yang diumumkan pemerintah, pada Minggu (6/2/2022), kasus baru tercatat sebanyak 36.057 kasus.

Dengan penambahan 36.057 kasus baru tersebut, total kasus Covid-19 di Tanah Air sudah mencapai 4.516.480 kasus, yang terhitung sejak Maret 2022, awal pandemi Covid-19 merebak.

Selain penambahan kasus harian positif Covid-19, pemerintah juga mengupdate jumlah pasien yang sudah sembuh dari penularan Covid-19.

Hari ini, ada sebanyak 10.569 pasien yang dinyatakan pulih dari Covid-19, total pasien yang sudah sembuh menjadi 4.183.027 pasien.

Sementara yang meninggal sudah mencapai 144.554 orang, bertambah 57 pasien yang meninggal hari ini.

Merujuk data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kasus aktif per 6 Februari 2022 ada sebanyak 188.899 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kasus aktif ini juga terus naik, sebanyak 25.431 kasus dari sehari sebelumnya.

Kasus aktif adalah jumlah orang yang positif Covid-19 dan masih menjalani isolasi atau perawatan di fasilitas kesehatan.

Adapun jumlah spesimen yang diperiksa hari ini sebanyak 265.559 spesimen.

Lonjakan Covid-19

Indonesia tengah menghadapi lonjakan kasus virus corona sejak akhir Januari lalu. Jumlah kasus baru naik secara konsisten setiap hari dengan jumlah ribuan.

Lonjakan kasus yang terjadi diprediksi imbas dari varian baru, Omicron. Saat pertama kali terdeteksi di Indonesia, Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri yang pulang ke Indonesia. Namun, kini jumlah transmisi lokal di tengah-tengah masyarakat kian bertambah.

Presiden Joko Widodo mengamini bahwa kasus virus corona di Indonesia bakal melonjak. Sebelumnya, pemerintah pernah memprediksi bahwa puncak lonjakan kasus bakal terjadi di akhir Februari mendatang.

Meski begitu, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk tidak panik. Dia mengatakan bahwa tingkat fatalitas atau potensi kematian varian Omicron cenderung kecil.

Menurutnya, masyarakat yang terinfeksi varian tersebut juga hanya perlu isolasi di rumah dan mengonsumsi vitamin. Tidak perlu sampai mendapat perawatan di rumah sakit.

Sumber: CNN Indonesia



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com