ZONAUTARA.com – Jika daerah lain di Indonesia sedang berusaha menekan laju penambahan kasus Covid-19, maka di Deiyai di Papua adalah satu-satunya kabupaten di Indonesia yang tidak mencatatatkan penambahan kasus baru Covid-19 dalam sepekan terakhir.

Kabupaten Deiyai menjadi satu-satunya daerah dengan zona hijau, dan tetap bertahan di daerah itu, dari 9 kabupaten/kota yang nihil penambahan kasus Covid-19 pada pekan lalu.

Seiring dengan penambahan kasus baru Covid-19, kini zona oranye atau wilayah dengan tingkat penularan virus Corona sedang terus mengalami peningkatan di Indonesia.

Sesuai dengan data Satgas Covid-19 per 20 Februari 2022 yang dilihat pada Rabu (23/2), total zona oranye mencapai 269 kabupaten/kota, naik 126 persen dibandingkan dengan zona oranye sepekan lalu, yang baru ada 119 zona oranye.

Puluhan kabupaten/kota zona oranye tersebut mayoritas berasal dari Pulau Jawa. Zona oranye juga disumbang banyak daerah di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua Barat. Seluruh Kabupaten dan Kota di DKI Jakarta juga masuk kategori ini.

Satgas Covid-19 masih mencatat Indonesia terbebas dari zona merah. Zona merah merupakan wilayah dengan tingkat penularan virus corona yang masih tinggi alias rawan. Sedangkan zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan covid-19 berjumlah 244 kabupaten/kota.

Pera Risiko Covid-19
Peta Risiko Covid-19 dicapture pada 23/2 dari Covid19.go.id

Peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Satgas Covid-19 juga melaporkan, jumlah penambahan kasus harian warga yang positif terinfeksi virus corona bertambah 57.491 kasus pada Selasa (22/2).

Ada juga penambahan kasus sembuh sebanyak 38.474 kasus, dan 257 kasus meninggal baru yang merupakan penambahan kasus kematian tertinggi sepanjang gelombang Omicron di Indonesia.

Dengan update data tersebut secara kumulatif, sebanyak 5.289.414 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Dari jumlah itu sebanyak 4.593.185 orang dinyatakan sembuh, sebanyak 549.431 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 146.798 orang lainnya meninggal dunia.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id