ZONAUTARA.com – Samuel Ryde, seorang fotografer yang berbasis di London, telah melakukan sesuatu yang mungkin tidak semua orang bisa melakukannya, bahkan fotografer profesional sekalipun.

Samuel Ryde mendapatkan smartphone pertamanya pada tahun 2012, dia kemudian memulai proyek untuk memotret apa pun yang dia lakukan pada pukul 12.34 siang setiap hari.

Awalnya Ryde hanya berencana untuk menyelesaikan proyek itu selama satu tahun, tetapi kemudian memutuskan untuk terus melakukannya.

Lebih dari 10 tahun kemudian, seniman dan penata rambut berusia 40 tahun dari Tower Hamlets, London Timur ini mengatakan bahwa dia telah mendokumentasikan kehidupan sehari-hari London yang “menarik dan biasa”.

Meskipun kadang-kadang terkendala dengan pekerjaannya, Ryde mengatakan bahwa dia jarang melewatkan momen itu dan ingin melanjutkan proyek itu selama sisa hidupnya.

Ryde adalah seorang fotografer dengan hasrat terhadap objek dan arsitektur kehidupan manusia sehari-hari yang jarang diperhatikan.

Melalui lensanya, karakter luar biasa muncul dari ruang yang biasa-biasa saja, misalnya pengering tangan di kamar kecil, kotak telepon di sudut jalan, bangunan terlantar dengan coretan lama atau grafiti baru. Namun itu semua menceritakan kisah dan momen yang dibagikan oleh orang lain di tempat dan waktu yang lain.

Koleksi kurasi pertama Ryde berjudul Hand Dryers terdiri dari dua belas foto pengering tangan yang diambil di seluruh dunia. Cetakan edisi terbatas masing-masing diberi nomor dan ditandatangani oleh Ryde.

Wawancara bersama Ryde bisa disaksikan dari video yang sudah diterbitkan di BBC ini.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id