ZONAUTARA.com – Situasi krisis antara Rusia dan Ukraina telah menimbulkan protes dari berbagai pemerintahan negara lain terutama kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, yang memerintahkan serangan militer ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Rusia dikenal sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki kekuatan militer terbesar dan berada di urutan kedua sesuai peringkat di Global Fire Power (GFP), sebuah situs yang menganalisis kekuatan militer semua negara di dunia. Sementara Ukraina berada di posisi ke-22 dari 140 negara.   

Seperti apakah kekuatan militer kedua negara yang sedang terlibat perang ini? Kami mencoba menampilkan visualisasi perbandingan kekuatan kedua negara ini dari berbagai faktor yang menjadi modal bagi kekuatan militer sebuah negara. Perbandingannya ditampilkan berdampingan secara visual untuk mendapatkan gambaran cepat. Pembaca dapat juga mengklik setiap chart untuk mendapatkan angka detilnya.

Pada bagian pertama ini, disajikan perbandingan kekuatan militer kedua negara pada sektor man power atau sumber daya manusia,

TOTAL POPULATION

Total populasi digunakan GFP sebagai titik awal untuk semua nilai yang berkaitan dengan man power. Semakin tinggi populasi semakin besar kekuatan tempur militer sebuah negara. Rusia memiliki penduduk yang jauh lebih banyak, 98,5 juta lebih banyak dari Ukraina.

AVAILABLE MANPOWER

Available Manpower atau total tenaga militer yang tersedia merupakan faktor penting dalam konflik apa pun, terutama konflik yang berkepanjangan.

FIT FOR SERVICE

Jumlah penduduk yang bisa direkrut menjadi tentara atau mengikuti dinas militer, adalah jumlah penduduk secara teoritis yang bisa membantu dalam upaya perang. Angka ini mengasumsikan orang berbadan sehat yang dapat bertempur.

REACHING MILITARY AGE ANNUALLY

Jumlah penduduk yang siap bertempur yang telah mencapai usia militer setiap tahun. Populasi besar tidak menjamin memiliki jumlah penduduk berbadan sehat dan siap bertempur yang besar.

ACTIVE PERSONNEL

Tenaga militer aktif adalah angka yang merepresentasikan semua personel militer yang dianggap berada dalam status dinas aktif. Angka ini merupakan jumlah tentara aktif yang siap bertempur dan ditugaskan berperang.

RESERVE PERSONNEL

Komponen atau tentara cadangan aktif yang siap dipanggil berperang pada saat tertentu. Dalam analisis GFP, pada 2021, total komponen cadangan tidak lagi dimasukkan sebagai pasukan paramiliter.

PARAMILITARY FORCES

Pasukan atau organisasi paramiliter adalah entitas semi-militer yang dapat memperkuat kemampuan tempur suatu negara di lapangan.

 

Bersambung ke bagian 2: Kekuatan di sektor finansial




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com