Berapa banyak desa dan kelurahan di Indonesia pada 2011 hingga 2018?

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



Olah data: Ronny A. Buol

Berdasarkan data dari Buku Statistik Indonesia 2021, jumlah total desa dan kelurahan di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 83.931 desa. Jumlah tersebut terdiri dari desa dan kelurahan di tepi laut (coastal) sebanyak 12.857 desa dan kelurahan dan sebanyak 71.074 desa dan kelurahan merupakan desa bukan di tepi pantai (non-coastal).

Buku Statistik Indonesia 2021 mengkategorikan desa dan kelurahan dalam dua kategori, yakni desa dan kelurahan coastal serta kategori desa dan kelurahan non coastal. Desa dalam visualisasi data ini termasuk Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) yang masih dibina oleh kementerian terkait dan nagari di Provinsi Sumatera Barat.

Sumber data yang dipakai dalam Buku Statistik Indonesia 2021 adalah Pendataan Potensi Desa yang dilakukan Badan Pusat Statistik.

Berdasarkan data tersebut pada tahun 2011 Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah yang memiliki desa dan kelurahan tepi laut terbanyak yakni sebanyak 943 desa. Namun pada tahun 2018 posisi teratas wilayah yang memiliki desa dan kelurahan di tepi laut adalah Provinsi Maluku dengan 1.064 desa dan kelurahan menggesar Nusa Tenggara Timur dengan 1.018 desa dan kelurahan.

Adapun wilayah dengan desa dan kelurahan bukan di tepi laut terbanyak pada tahun 2011 adalah Provinsi Jawa Tengah dengan 8.230 desa dan kelurahan. Jawa Tengah tetap menjadi provinsi terbanyak desa dan kelurahan di tepi laut pada tahun 2018 dengan 8.204, diikuti Jawa Timur, Aceh dan Jawa Barat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com