ZONAUTARA.com – Badan PBB yang mengurusi para pencari suaka dan pengungsi atau UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) mencatat sudah ada 6,5 juta orang yang melarikan diri dari Ukraina sejak negara itu diserang Rusia pada Februari 2022 lalu.

Diakses dari website UNHCR pada 25 Mei 2022, jumlah total orang yang mengungsi dari Ukraina ke negara tetangga mencapai 6.595.675 orang. Data tersebut merupakan update per 23 Mei 2022.

Eskalasi konflik di Ukraina telah menyebabkan korban sipil dan penghancuran infrastruktur sipil serta memaksa orang untuk meninggalkan rumah mereka mencari keselamatan, perlindungan dan bantuan.

Dalam lima minggu pertama Rusia menyerang Ukraina, lebih dari empat juta pengungsi dari Ukraina melintasi perbatasan ke negara-negara tetangga, dan lebih banyak lagi yang terpaksa berpindah tempat tinggal di dalam negeri.

Para pengungsi ini membutuhkan perlindungan dan dukungan. Mengingat keadaan darurat dan skala kebutuhan kemanusiaan pengungsi dari Ukraina, tanggapan pengungsi regional antar-lembaga sedang dilakukan, untuk mendukung upaya negara-negara penerima pengungsi.

UNHCR menulis rencana respon pengungsi regional menyatukan PBB, LSM dan mitra terkait lainnya berfokus untuk mendukung pemerintah negara tujuan pengungsi untuk memastikan akses yang aman di wilayah pengungsi dan warga negara negara ketiga yang melarikan diri dari Ukraina, sesuai dengan standar internasional.

Respon itu juga memprioritaskan penyediaan layanan perlindungan kritis dan bantuan kemanusiaan, karena perpindahan dan kebutuhan terus tumbuh secara eksponensial.

Dari data per 23 Mei 2022 yang diupdate pada website UNHCR tersebut, negara tujuan para pengungsi terutama adalah Polandia yang telah menampung 3.534.205 orang.

Berikutnya adalah Rumania yang menampung 966.490 orang, dan ada sebanyak 932.220 orang juga melarikan diri ke Rusia.

Sementara di Hungaria ada 649.352 pengungsi, Republik Moldova (472.377), Slowakia (444.368) dan Belarusia (27.308).

Arus pengungsi Ukraina yang keluar ke negara tetangga paling banyak terjadi pada Maret 2022, dimana tercatat pada bulan itu ada 3.381.925 orang yangg melarikan diri dari Ukraina.

Namun warga Ukraina yang melarikan diri dari negaranya menghindari perang terus terjadi. Pada bulan Mei ini sudah tercatat sebanyak 1.058.740 orang yang keluar dari Ukraina.

UNHCR sendiri mengkhawatirkan penambahan jumlah pengungsi dari eskalasi yang terjadi di Ukraina, yang menyebabkan total jumlah pengungsi secara global telah meningkat hingga lebih dari 100 juta orang.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id