ZONAUTARA.com – Berdasarkan catatan WHO, kecelakaan mobil adalah penyebab kematian terbesar di Indonesia setelah jantung koroner dan TBC. Sayangnya, mengemudi dengan hati-hati tidak cukup untuk melindungi diri kita saat di jalan karena kecelakaan juga bisa terjadi akibat kelalaian orang lain.

Mobil zaman sekarang memiliki banyak fitur keamanan yang dapat melindungi pengemudi dari kecelakaan fatal. Sayangnya, pada situasi tersebut mobil kesayanganmu tidak akan terlindungi dari kerusakan.

Jadi, untuk melindungi kendaraanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membeli mobil adalah membeli polis asuransi. Asuransi kendaraan bisa memberi berbagai macam perlindungan, bukan hanya dari kecelakaan, tapi juga dari pencurian dan bencana alam.

Ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil all risk dan Total Loss Only (TLO). Selain memilih dari dua jenis asuransi tersebut, kamu juga harus memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan keinginanmu.

Pastikan kamu memahami perbedaan asuransi mobil All Risk dan TLO MPM insurance supaya mobilmu bisa mendapat perlindungan yang tepat.

Namun, sebelum mengetahui lebih dalam tentang produk tersebut, Anda harus lebih dulu paham skema premi dan polis asuransi.

Asuransi mobil all risk

Asuransi mobil All Risk disebut juga dengan asuransi mobil komprehensif. Asuransi ini meng-cover segala jenis kerusakan, mulai dari sedikit lecet hingga kerusakan berat.

Jika kendaraan hilang, pemegang asuransi juga bisa mendapatkan penggantian. Karena perlindungannya lebih komprehensif, premi asuransi mobil All Risk lebih mahal dibandingkan TLO.

Meski dinamai “All Risk”, jangan terkecoh, ya. Ada beberapa kerusakan yang klaimnya tidak akan diterima asuransi ini, contohnya adalah kerusakan akibat banjir, bencana alam, terorisme, dan third party liability.

Untuk mendapatkan perlindungan dari hal-hal tersebut, kamu bisa memperluas tanggungan asuransi mobilmu, tentu dengan biaya ekstra. Di Indonesia yang sering terkena banjir, membeli asuransi yang menanggung kerusakan akibat banjir tentu akan menjadi keputusan yang tepat.

Asuransi mobil total loss only

Jenis asuransi yang kedua adalah Total Loss Only atau yang sering disebut dengan nama TLO. Berbeda dengan asuransi yang pertama, TLO tidak memberikan tanggungan atas kerusakan kecil. Klaim hanya diberikan untuk peristiwa kehilangan total.

Perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan kehilangan total bukan hanya saat mobil hilang karena pencurian, tapi juga saat mobil mengalami kerusakan di atas 75% hingga tidak bisa dipergunakan lagi.

Mana yang lebih menguntungkan?

Untuk mengetahui asuransi mana yang lebih tepat untukmu, pahami terlebih dahulu skema premi dan polis asuransi.

Pada umumnya, penghitungan premi asuransi mobil dilakukan dengan cara mengalikan harga mobil dan rate asuransi. Rate asuransi ini berbeda-beda tergantung pada kategori dan wilayah. Pastikan untuk menanyakan hal ini dengan jelas pada agen asuransimu.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Asuransi All Risk memiliki premi yang lebih mahal, namun asuransi ini juga memberi perlindungan yang lebih menyeluruh.

Jika kamu memiliki kendaraan berharga tinggi dengan biaya perawatan yang mahal, asuransi All Risk adalah pilihan yang lebih baik. Asuransi ini juga cocok bagi para pemilik usaha kursus mengemudi karena risiko mobil rusak cukup tinggi.

Jika mobilmu jarang digunakan, bukan berarti tidak perlu diasuransikan. Mobil yang terparkir di garasi atau halaman rumah juga rentan terhadap pencurian.

Jika kamu tinggal di daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi, asuransi TLO sangatlah penting. Asuransi ini juga cocok untuk pemilik usaha rental mobil.

Kamu juga bisa mengombinasikan asuransi All Risk dan TLO untuk mendapatkan harga premi tahunan yang bersaing.

Di dua atau tiga tahun pertama pembelian mobil, lebih baik menggunakan asuransi All Risk karena perawatan mobil baru membutuhkan biaya yang lebih besar. Setelah itu, kamu bisa beralih menggunakan asuransi TLO saat nilai mobil semakin menurun.

Jadi, asuransi mana yang akan kamu pilih? Mana pun yang kamu suka, yang terpenting adalah untuk tetap melindungi mobilmu dengan asuransi.

Meskipun kamu adalah pengemudi yang andal, kita tetap tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, jangan sampai menyesal, pastikan kamu terlindungi dari kerugian finansial dengan cara memilih asuransi terbaik untuk mobilmu.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id