ZONAUTARA.COM – Jerawat yang muncul terus menerus tentu saja sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, dengan muncul jerawat terus menerus membuat orang tersebut menjadi stress.

Secara umum munculnya jerawat kini bisa disebabkan karena debu dan juga kotoran. Sehingga dengan kotoran tersebut dapat menyumbat pori-pori dan lalu terinfeksi oleh bakteri.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai penyebab jerawat muncul terus menerus. Sebagian informasi yang kami tampilkan berikut adalah rangkuman dari beberapa sumber, salah satunya Pickybest.id yang pada penjelasannya didukung oleh validasi oleh dokter kulit.

Ini 7 Penyebab jerawat muncul terus menerus

Seperti yang diketahui bahwa munculnya jerawat terus menerus ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Untuk beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah:

1. Tidak sering membersihkan wajah

Jerawat yang muncul terus menerus kali ini bisa disebabkan karena anda malas untuk membersihkan wajah. Padahal ketika di terus-teruskan dalam membersihkan wajah akan lebih banyak lagi jerawat yang akan muncul.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda selalu membersihkan wajah secara rutin pada setiap harinya. Dengan membersihkan wajah secara rutin ini dapat membuat pori-pori wajah tetap bersih dan akan terhindar dari jerawat.

Selain itu, untuk membersihkan wajah juga perlu menggunakan teknik secara benar. Apalagi untuk anda yang sering menggunakan make up sangat disarankan untuk menggunakan teknik double cleansing.

2. Stress

Untuk penyebab kali ini masih banyak orang yang belum percaya. Akan tetapi sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan pikiran stress bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Pikiran yang stress ini dapat memberikan pengaruh terhadap perubahan hormon. Maka dari itu, untuk kesehatan mental di dalam diri sangat penting untuk dijaga. Usahakan selalu berpikir mengenai hal-hal yang positif saja ketika sedang menghadapi masalah hidup.

3.. Salah dalam penggunaan produk kecantikan

Tidak dipungkiri ketika para wanita tidak bisa dijauhkan dengan beberapa produk kecantikan. Akan tetapi tidak semua produk kecantikan yang anda gunakan cocok dengan kulit.

Langkah yang dapat diambil adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Selain itu, bisa juga menggunakan beberapa produk kecantikan yang diberikan oleh pihak dokter.

4. Kurang melakukan kegiatan olahraga

Tanpa disadari jarang melakukan kegiatan olahraga ini bisa menyebabkan jerawat muncul secara terus menerus. Dengan melakukan olahraga setiap waktu luang dapat meningkatkan hormon endorfin.

Sedangkan dengan meningkatnya hormon endorfin ini akan membantu dalam melancarkan sirkulasi darah dan mencegah jerawat. Pada saat melakukan kegiatan olahraga pastinya akan mengeluarkan banyak keringat dan akan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

5. Sering mengonsumsi makanan yang manis-Manis

Dalam sehari-hari tidak mungkin bisa manusia dijauhkan dengan makanan yang mempunyai kandungan manis. Apabila keseringan makanan yang manis akan menyebabkan jerawat muncul secara terus-menerus.

Kadar gula yang ada di makanan tersebut dapat meningkatkan kadar insulin yang ada di dalam tubuh. Sehingga akan memproduksi minyak secara berlebihan. Selain itu, ketika banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula juga bisa menyebabkan hormon berubah-ubah.

6. Sering mengonsumsi gorengan

Tidak hanya makanan yang mengandung kadar manis saja. Akan tetapi, untuk makanan seperti gorengan ini akan menyebabkan jerawat muncul secara terus-menerus.

Makanan gorengan ini mempunyai kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Sehingga dengan kandungan lemak jenuh tersebut dapat menyebabkan produksi minyak wajah menjadi berlebihan.

Dengan produksi minyak berlebihan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Selain itu, dengan hal tersebut juga akan menyebabkan jerawat akan muncul secara terus-menerus.

7. Sering menyentuh wajah secara terus menerus

Penyebab yang paling akhir bisa disebabkan karena anda sering menyentuh wajah secara keterusan. Tanpa disadari banyak bakteri atau kuman yang menempel pada tangan.

Maka dari itu, ada satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab kali ini. Usahakan sebelum memegang wajah bisa mencuci tangan dengan menggunakan sabun terlebih dahulu.

Bagaimana cara mengatasi jerawat?

Lakukanlah cuci muka secara rutin. Gunakan sabun muka untuk jerawat yang secara khusus bekerja meredakan jerawat. Setelah itu, oleskan toner wajah yang juga didesain untuk kulit berjerawat. Toner akan mengembalikan pH kulit, mengurangi produksi minyak, dan mencegah kulit kering.

Saat berjerawat, kurangi konsumsi produk dairy dan makanan manis. Sabar dan konsisten dalam menjalani gaya hidup sehat diiringi perawatan kulit yang tepat. Bila perlu, evaluasi hasil perawatan ke dokter spesialis kulit minimal satu kali setiap bulan.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id