ZONAUTARA.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir sejumlah platform digital. Pemblokiran itu dilakukan, menyusul penerapan Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo) Nomor 5 Tahun 2020 tentang penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Permenkominfo 5/2020 ini mewajibkan perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia, baik itu perusahaan lokal maupun asing, untuk mendaftar PSE Lingkup Privat ke Kominfo. Perusahaan yang tidak menaati peraturan tersebut, mendapat sanksi berupa pemblokiran.

Sejumlah situs dan aplikasi serta platform digital yang diblokir Kominfo mulai 30 Juli 2022 itu antara lain Yahoo, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Game, Origin.com, Xandr.com, termasuk platform transfer pembayaran PayPal.

Meski Kominfo kemudian membuka kembali akses sementara ke PayPal pada 31 Juli pagi hingga 5 Agustus nanti, untuk memberi kesempatan pemilik akun PayPal di Indonesia untuk memindahkan dananya, pemblokiran itu dikeluhkan banyak pihak.

Statistik dan Fakta PayPal yang Menarik

PayPal memiliki hampir 300 juta pelanggan, lebih dari 20 juta akun pedagang aktif, dan miliaran transaksi dilakukan setiap tahun. 

Komunitas pembeli dan penjual online PayPal bergantung pada jaminan pembayaran yang aman melalui internet dengan menggunakan kartu kredit atau rekening bank pelanggan. 

Statistik PayPal - Daftar

Mari kita mulai: 

Daftar Isi

1. PayPal saat ini memiliki 361 juta pengguna aktif

(Sumber: Statista)

Pada kuartal ketiga tahun 2020, PayPal mencatat pertumbuhan pengguna sebesar 22% atau 70 juta pengguna dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ini menghasilkan jumlah total sebanyak 361 juta pengguna aktif yang terdaftar di PayPal.

Anda dapat melihat pertumbuhan jumlah pengguna aktif PayPal pada grafik di bawah ini.

Statistik PayPal - Jumlah pengguna PayPal aktif

(Gambar: Statistita) 

2. PayPal membuat kemajuan dalam kemampuan dompet digital

(Sumber: The Motley Fool)

Jika kita melihat fakta PayPal, jelas bahwa perusahaan berkembang menjadi lembaga keuangan berbasis teknologi yang lengkap daripada sekedar platform pembayaran online sederhana.

Beberapa layanan tambahan yang baru-baru ini ditambahkan PayPal adalah integrasi cryptocurrency dan kredit PayPal, dengan fitur “beli sekarang bayar nanti” tanpa bunga.

3. PayPal menyumbang 22% transaksi online di AS

(Sumber: Statista)

Menurut penelitian pada 2018, PayPal adalah salah satu metode pembayaran paling populer di Amerika Serikat. Hampir semua orang mengenal seseorang yang menggunakan PayPal, bahkan jika mereka tidak menggunakan layanan perusahaan itu sendiri. 

PayPal telah menjadi aplikasi seluler terkemuka di AS dan telah mampu mampu menjangkau sekitar setengah dari pengguna seluler negara itu.

4. Ada 87,5% pembeli online menggunakan PayPal

(Sumber: Buildyourdream)

PayPal tetap menjadi opsi pembayaran paling populer saat belanja online, dimana sebanyak 87,5% pembeli online melakukan pembayaran dengan Paypal.

5. Saham PayPal naik 116% pada tahun 2020

(Sumber: The Motley Fool)

Harga saham PayPal meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020, meningkatkan total nilai kapitalisasi pasar menjadi lebih dari $274 miliar.

6. PayPal mencatat pendapatan bersih $5,46 miliar pada tahun 2020

(Sumber: Statista)

Selama kuartal ketiga tahun 2020, pendapatan bersih PayPal mencapai $5,46 miliar, yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan pendapatan bersih sebesar $4,38 miliar yang tercatat pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

7. Rata-rata pengguna PayPal memiliki $485 di akun mereka

(Sumber: Logica)

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, rata-rata orang Amerika memiliki hampir $500 di akun PayPal mereka, sementara dompet fisik mereka menyimpan uang tunai $196.

Sebanyak 20% dari mereka yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan mereka lebih suka menyimpan uang di PayPal daripada menyimpannya di rekening bank biasa.

Mengapa Orang Masih Menggunakan PayPal?

Pangsa pasar PayPal meningkat dari tahun ke tahun! Artinya masih banyak alasan orang untuk menggunakan layanan tersebut. Ini adalah sumber pembayaran yang dapat diandalkan terutama jika anda bekerja sebagai pekerja lepas atau bekerja secara remote untuk perusahaan asing. 

Karena ada banyak orang yang mencari nafkah dengan cara ini, PayPal tetap menjadi cara yang pasti untuk menerima pembayaran mereka dan mengatur transaksi keuangan seseorang dengan cara yang aman.

Statistik PayPal - Tiga gambar orang yang membayar dengan kartu kredit mereka, online atau tunai

Pengguna PayPal

Jumlah pengguna PayPal telah melampaui 377 juta pada tahun 2021 dan terus bertambah.

Apa yang sangat berguna dalam hal PayPal adalah kemudahan penggunaan. Anda dapat mentransfer dan menerima uang dari dan ke hampir semua bagian dunia, bahkan cukup melalui perangkat telepon jika Anda mau. Layanan ini semakin populer. 

8. Ada 15 juta pengguna aktif baru pada Q3 2020

(Sumber: Statista)

Tahun 2020 adalah tahun yang sangat baik bagi perusahaan ini. Jumlah pengguna PayPal tumbuh 15 juta antara Q2 dan Q3 tahun 2020. Hal ini disertai dengan pertumbuhan transaksi, pembayaran, dan penggunaan secara keseluruhan.

9. Aplikasi PayPal memiliki lebih dari 2 juta pengguna aktif bulanan di Inggris

(Sumber: Statista )

Jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi PayPal untuk ponsel Apple dan Android di Inggris diperkirakan mencapai 2,05 juta pada Juli 2020.

Meski terdengar mengesankan, penggunaan aplikasi PayPal di negara ini sebenarnya telah mengalami tren penurunan sejak Februari 2018, dimana saat itu mencapai 3,7 juta.

10. 54% orang lebih bersedia membeli ketika sebuah bisnis menerima pembayaran dengan PayPal

(Sumber: Paypal)

Statistik Paypal untuk tahun 2021 menunjukkan bahwa PayPal adalah salah satu opsi pembayaran paling tepercaya, terutama di kalangan konsumen Amerika Serikat.

Konsumen lebih bersedia melakukan pembelian lintas batas, bahkan dengan merek yang tidak dikenal, dan untuk item tiket tinggi jika pedagang menerima PayPal sebagai metode pembayaran.

11. PayPal telah menginvestasikan $500 juta di Uber

(Sumber: TC)

PayPal melakukan investasi sebesar $500 juta ke saham Uber, membayar $47 per saham dan meningkatkan valuasi perusahaan secara signifikan. Meski langkah ini dipertanyakan, mengingat fakta bahwa Uber beroperasi dengan kerugian kuartalan sebesar $1 miliar .

12. Bonus $20 bagi akun baru untuk setiap orang yang mereka referensikan.

(Sumber: Shoutmeloud)

Pada tahun-tahun awalnya, PayPal membagikan uang untuk menarik pengguna agar membuat akun PayPal baru. Perkiraan menunjukkan bahwa langkah ini menelan biaya $60-70 juta, tetapi itu terbayar kembali. Bahkan, perusahaan mencapai 100.000 pengguna di bulan pertama. 

Apa itu PayPal One Touch?

PayPal One Touch adalah layanan yang telah diperkenalkan untuk membantu orang melakukan transaksi lebih cepat. Setelah anda keluar dari akun dari perangkat tempat mengakses PayPal, layanan akan segera logout. 

Namun, dengan menggunakan PayPal One Touch anda tidak serta merta logout. Akun anda masih login sampai anda memutuskan untuk melakukan sebaliknya. Ini membantu ketika melakukan banyak transaksi dan pembayaran menggunakan perangkat yang berbeda. 

Anda dapat masuk ke dompet PayPal dengan cepat dan aman.

 

PayPal
Ilustrasi PayPal (iStock.com)

13. Lebih dari 80 juta orang menggunakan PayPal One Touch

(Sumber: Business of Apps)

PayPal terus mencari cara untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, dan itu benar-benar mengejutkan dengan layanan One Touch-nya.

Layanan yang nyaman ini memungkinkan pengguna untuk tetap masuk di perangkat mereka dan menghindari stres karena harus berulang kali login untuk pembelian berikutnya. Saat ini, lebih dari 7 juta merchant Paypal mendukung fungsi One Touch.

14. Biaya $10 membawa PayPal ke IPO

(Sumber: Fool)

Pada awal PayPal membebankan biaya keanggotaan kepada semua pengguna baru sebesar $20, kemudian turun menjadi $10 dan akhirnya $5 ketika cukup banyak pengguna yang mendaftar. Dan kemudian PayPal mulai meningkatkan basis penggunanya dengan cepat, sekitar 10% per hari. 

Penurunan biaya inilah yang membuat orang semakin tertarik dan mempelajari apa itu PayPal dan bagaimana menggunakannya . 

15. PayPal go public pada tahun 2002, saham naik 55% di NASDAQ pada tahun pertama

(Sumber: Richtopia)

Pada tahun yang sama, eBay membeli PayPal seharga $1,5 miliar. Dana ini memberi para pendiri PayPal kesempatan untuk mengembangkan teknologi yang digunakan platform hingga hari ini. Pada tahun 2015, eBay memutuskan untuk menyingkirkan PayPal dan memisahkan menjadi dua perusahaan. 

Ini mungkin kesalahan karena pangsa pasar PayPal tumbuh secara eksponensial sejak saat itu. Selanjutnya, PayPal memutuskan untuk sepenuhnya mengakhiri kolaborasinya dengan eBay pada tahun 2020 dan tidak lagi menawarkan layanan back-end melalui mereka. 

16. PayPal membagikan data penggunanya ke lebih dari 600 perusahaan lain

(Sumber: The Telegraph)

Mungkin mengkhawatirkan bahwa perusahaan yang menyimpan data pribadi hampir 300 juta orang membagikan informasi ini dengan 600 entitas eksternal lainnya. Namun, PayPal meyakinkan penggunanya bahwa data mereka aman. Mempertimbangkan berapa banyak orang yang menggunakan PayPal, mengejutkan betapa sebagian besar dari kita tidak menyadari masalah ini.

Facebook, Apple, dan Google terdaftar di antara perusahaan yang menerima data dari PayPal.

Paypal
Ilustrasi PayPal (iStock.com)

PayPal: Tren dan Prediksi

Dengan meningkatnya pekerjaan terkait IT, platform freelance, dan pekerja jarak jauh, begitu juga kebutuhan pengguna PayPal. Fakta PayPal di masa depan menunjukkan bahwa penggunaan akan tumbuh lebih jauh mungkin ke tingkat yang tidak terduga. 

17. PayPal adalah layanan pembayaran online yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat

(Sumber: Statista)

Paypal adalah sistem pembayaran online yang paling umum digunakan, dengan 90% responden telah menggunakan layanan ini sepanjang tahun. Hal ini menunjukkan pertumbuhan pangsa pasar Paypal di AS.

Metode pembayaran online lainnya yang digunakan oleh responden antara lain:

  • Venmo – 30%
  • Google Pay – 21%
  • Apple Bayar – 20%
  • Amazon Bayar – 19%

18. PayPal mengakhiri kerjasamanya dengan eBay pada tahun 2020 setelah 15 tahun beroperasi

(Sumber: Digital Commerce 360)

PayPal memperkirakan pertumbuhannya untuk tahun 2020 akan sedikit terganggu oleh fakta bahwa ia tidak lagi bekerja dengan eBay, menurunkan pertumbuhan yang diharapkan sebesar 1% (menjadi 17%). Statistik PayPal terbaru menyiratkan bahwa eBay akan mengambil keuntungan, karena sekitar 45% dari pendapatan perusahaan berasal dari pelanggan yang menggunakan PayPal.

19. PayPal mendukung 25 mata uang di lebih dari 200 negara

(Sumber: PayPal)

Tidak semua bagian dunia sama tercakup aksesibilitas PayPal. Metode pembayaran paling populer di planet ini dibatasi di beberapa bagian dunia. Misalnya, di beberapa negara, anda dapat memiliki akun PayPal dan mentransfer uang ke rekening bank lokal atau AS, sementara di negara lain anda dapat memiliki akun PayPal tetapi tidak dapat menarik uang.

20. PayPal memiliki 48 kantor di 29 negara bagian dan negara

(Sumber: Craft)

Kantor pusat PayPal berlokasi di San Jose, California. Namun, perusahaan memiliki banyak kantor pusat di Nebraska, Arizona, Malaysia, Singapura, Cina, dan Irlandia.

Sebanyak 23.200 orang bekerja di kantor-kantor ini pada 2019, meningkat 7% dari 2018.

21. Ada 55% pekerja di PayPal adalah Milenial

(Sumber: Ewbermarketing)

Dari 18.000 orang yang saat ini dipekerjakan oleh PayPal, 55% di antaranya adalah Milenial. Menurut statistik pengeluaran milenial, milenial sangat penting dalam industri karena mereka tidak hanya baik untuk pengeluaran tetapi juga merupakan kontributor yang luar biasa.  

Sejarah PayPal

PayPal awalnya diluncurkan dengan nama Confinity pada tahun 1998, sebagai perusahaan pengembangan perangkat lunak keamanan. Namun pada tahun 1999, berubah menjadi layanan pengiriman uang untuk Confinity. 

Pada tahun 2000, Confinity bergabung dengan X.com, sebuah perusahaan perbankan online yang didirikan oleh Elon Musk. Setelah memperolehnya, Musk membuat keputusan untuk menghentikan semua aplikasi pembayaran lainnya dan hanya fokus pada PayPal. 

Pada tahun 2001, perusahaan ini berganti nama menjadi PayPal dan tak lama setelah itu pada tahun 2002 diakuisisi oleh eBay. Namun, eBay memisahkan PayPal pada tahun 2014 menjadi perusahaan publik yang terpisah. 

Sejarah PayPal bisa sangat membingungkan karena sering berpindah tangan. Jika Anda bertanya siapa pemilik PayPal saat ini, Anda harus tahu jika akhirnya berakhir di tangan Daniel Schulman. Dia memperolehnya pada tahun 2014 setelah PayPal memisahkan diri dari eBay.

22. PayPal terpilih sebagai salah satu dari 10 ide bisnis terburuk pada tahun 1999.

(Sumber: Ppcorn)

Kembali pada tahun 1999, PayPal menggunakan nama lain – Confinity Inc. Perusahaan perangkat lunak didirikan setahun kemudian, didorong oleh gagasan untuk memanfaatkan PalmPilots untuk melakukan pembayaran online. Ide itu tidak bertahan lama, dan perusahaan dengan cepat mengubah model bisnisnya menjadi model yang kita kenal dan gunakan saat ini.

23. PayPal adalah salah satu perusahaan pertama yang meninggalkan cryptocurrency Facebook

(Sumber: BBC)

Cryptocurrency Facebook, Libra, ditargetkan diluncurkan pada tahun 2020. Namun, dengan cepat kehilangan dukungan dari industri pembayaran online. Masalahnya, PayPal adalah yang pertama meninggalkan proyek Libra, karena kekhawatiran pencucian uang di balik cryptocurrency. Hanya seminggu kemudian, Mastercard, Visa, dan eBay memutuskan untuk ikut pergi dari Libra.

24. Rata-rata pengguna PayPal melakukan 40 transaksi per tahun

(Sumber: Business of Apps)

Statistik PayPal dari 2019 menunjukkan bahwa rata-rata pengguna PayPal melakukan sekitar 40 transaksi per tahun menggunakan platform ini .

Tidak ada batasan pengeluaran PayPal, jadi angka ini kemungkinan akan bertambah di tahun-tahun mendatang.

Statistik Venmo

Sebelum kita mulai dengan statistik, mari kita lakukan pemanasan dengan beberapa info:

Apakah PayPal memiliki Venmo?

Jawaban singkatnya adalah ya. Layanan pembayaran seluler Venmo adalah salah satu dari banyak keberhasilan akuisisi PayPal. Perusahaan ini pertama kali dibeli oleh Braintree seharga $26,2 juta. Tapi kemudian PayPal masuk setahun kemudian dan membeli seluruh perusahaan Braintree seharga $800 juta .

Venmo memungkinkan pemegang akunnya untuk mentransfer uang antar pengguna bolak-balik. Satu-satunya hal yang anda butuhkan adalah aplikasi seluler. Anda juga harus tinggal di AS untuk menggunakannya. 

Statistik Venmo menunjukkan bahwa Venmo menangani sekitar $12 miliar transaksi pada kuartal pertama 2018 saja. Seperti PayPal, Venmo juga memperkenalkan fitur transfer instan yang berarti mentransfer uang anda membutuhkan waktu lebih sedikit. Seseorang tidak perlu menunggu 3 hingga 4 hari seperti biasa untuk menerima uangnya seperti transfer kawat biasa. 

Yang jelas membedakan Venmo dari yang lain adalah fitur sosial yang memungkinkan teman untuk berdagang satu sama lain. 

Berapa banyak orang yang menggunakan Venmo?

Ada sekitar 10 juta pengguna aktif bulanan pada tahun 2020 dan popularitasnya terus meningkat. 

Venmo memiliki versi desktop juga. Namun, ide pembuatannya adalah untuk menambahkan faktor sosial. Artinya jika anda berhutang uang kepada teman, anda dapat dengan mudah membayarnya kembali dua kali lebih cepat. 

Tujuan Venmo adalah menjadi sistem pembayaran seluler yang mungkin menarik bagi basis pengguna yang lebih muda. 

Mari kita lihat angkanya:

25. Venmo memiliki total 52 juta pengguna.

(Sumber: Business of Apps)

Venmo saat ini bernilai $38 miliar, dan menghasilkan pendapatan $450 juta pada tahun 2020, meningkat 50% dari pendapatan $300 juta pada tahun 2019.

26. Lebih dari 460.000 situs web di AS menggunakan PayPal

(Sumber: SimilarTech)

AS jelas merupakan pasar terbesar untuk PayPal, terutama dalam hal pedagang. Per Februari 2021, ada 461.189 situs web yang menggunakan PayPal di negara tersebut. Di antara 5 pasar teratas untuk penggunaan situs web PayPal juga termasuk:

  • Inggris – 103.590 situs web
  • Jerman – 77.422 situs web
  • Prancis – 57.855 situs web
  • Italia – 55.403 situs web

Dan jumlahnya terus bertambah!

Paypal
Ilustrasi PayPal (iStock.com)

Siapa Pesaing PayPal?

Meskipun banyak orang langsung berpikir PayPal setelah menyebutkan pembayaran online, ada beberapa platform lain yang menawarkan layanan serupa. PayPal masih mampu mempertahankan posisi teratas tetapi pesaing tertentu sedang mengejar.

Beberapa alternatif termasuk:

  • Skrill 
  • Payza
  • Google Wallet
  • Stripe
  • Wepay
  • 2Checkout
  • Authorize.net
  • Intuit

Semuanya pada dasarnya menyediakan layanan yang sama mirip dengan yang ditawarkan PayPal. Anda bahkan dapat membuat dompet digital Bank of America juga. Namun, tidak semuanya tersedia di seluruh dunia.

27. PayPal memiliki 3,74 miliar transaksi pembayaran pada Q3 2020

(Sumber: Statista)

Sepertinya kuartal ketiga tahun 2020 adalah periode yang sangat sukses untuk PayPal. Menurut statistik PayPal, transaksi pembayaran Q3-nya menghasilkan volume pembayaran bersih sebesar $246,7 miliar, mewakili pertumbuhan 38% tahun-ke-tahun.

28. Volume pembayaran seluler PayPal tumbuh sebesar 52% di Q1 2019

(Sumber: Pymnts.com)

Volume pembayaran seluler PayPal berkembang pesat. Membandingkan Q1 2019 dengan Q1 2018, kita dapat melihat pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 52%. Terlebih lagi, PayPal memproses pembayaran seluler senilai $49 miliar selama tiga bulan pertama tahun 2019.

29. Konversi checkout untuk transaksi PayPal 70% lebih tinggi dibandingkan jenis transaksi lainnya

(Sumber: transaction.))

Jika anda bertanya-tanya mengapa PayPal begitu populer di kalangan pedagang, inilah salah satu jawaban untuk pertanyaan itu: pembeli jauh lebih mungkin untuk menyelesaikan pembelian mereka selama sesi penelusuran yang sama di situs web yang menggunakan PayPal daripada di situs web dengan opsi pembayaran lainnya.

Bagaimana cara menghapus riwayat paypal?

Sayangnya untuk semua pengguna yang ingin menghapus riwayat PayPal mereka, opsi itu tidak ada. Setiap pembelian atau transaksi yang dilakukan dengan PayPal akan masuk katalog. Ini adalah sesuatu yang dilakukan PayPal untuk meningkatkan keamanan. Dengan cara itu memungkinkan anda untuk membenarkan semua transaksi yang anda lakukan. 

PayPal memperkenalkan opsi pengarsipan semua transaksi mereka pada tahun 2014. Itu tidak menghapus transaksi sepenuhnya. Semua data masih ada tetapi lebih sulit ditemukan. Cara terbaik untuk menyembunyikan riwayat pembelian PayPal adalah dengan menyembunyikan detail login anda dari orang lain. 

Tetapi jika Anda benar-benar ingin menghapus transaksi, anda cukup menghapus akun. Tetapi ini adalah opsi yang dapat anda pertimbangkan hanya ketika akhirnya memutuskan bahwa tidak akan menggunakan akun anda lagi. Karen tindakan ini akan menghapus semua detail, transaksi, dan penghasilan PayPal yang pernah anda buat.

Sekarang, mari kita lanjutkan dengan beberapa data demografi PayPal: 

30. Sebanyak 57% karyawan PayPal adalah laki-laki

(Sumber: Statista)

Beralih dari transaksi dan angka PayPal sejenak, kita akan melihat struktur gender perusahaan:

Secara keseluruhan, 43% karyawan adalah perempuan. Persentase menurun ketika kita melihat departemen yang berbeda. Ada 35% VP PayPal dan hanya 28% dari mereka yang memegang peran teknis di seluruh dunia merupakan perempuan.

Melihat lebih jauh ke dalam demografi perusahaan, ada 50% dari semua karyawan PayPal dan 61% dari mereka yang memegang peran kepemimpinan adalah bule.

31. Sebanyak 86% pengguna PayPal akan merekomendasikan layanan ini kepada teman mereka

(Sumber: E-Web Marketing)

Vendor dan pembeli PayPal cenderung merekomendasikan opsi pembayaran ini kepada keluarga dan teman mereka, karena sebagian besar dari mereka memiliki pengalaman positif dengan platform tersebut. Ini adalah item lain dalam daftar hal-hal yang membuat PayPal tetap berada di puncak industri.

32. Elon Musk harus meminjam uang sewa setelah menjual bagiannya di PayPal

(Sumber: startups.com)

Ini mungkin sedikit mengejutkan, tetapi Elon Musk sebelumnya menyatakan bahwa hasil PayPal-nya, yang berjumlah $180 juta setelah pajak, dengan cepat habis. Jadi, dia harus meminjam uang untuk memenuhi kebutuhannya. 

Namun, dia tidak menghambuarkan uang untuk membeli rumah, mobil mahal, dan liburan mewah. Sebagai gantinya, Musk menggunakan sebagian darinya untuk memulai SpaceXTesla, dan SolarCity.

Berapa banyak pengguna PayPal di tahun 2021?

Statistik mengatakan bahwa pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 16% terjadi pada kuartal ketiga 2019. Saat itu, perusahaan memiliki 295 juta pengguna, dan melampaui angka 360 juta pada akhir 2020. Mempertimbangkan dampak dari pandemi pada kebiasaan belanja konsumen, pertumbuhan PayPal pada tahun 2021 sangat positif.

Kesimpulan

Seperti yang sudah diketahui, PayPal adalah sistem pembayaran online terbesar di dunia. Menangani semuanya mulai dari transfer uang online, cek dan wesel, dan dapat menangani mata uang global apa pun. Tapi ide utamanya adalah mentransfer uang secara elektronik. 

Meskipun popularitasnya telah berkurang dengan diperkenalkannya perusahaan pesaing dan layanan yang inovatif, PayPal tetap mempertahankan posisinya. Statistik PayPal terbaru tentu mendukung fakta itu. 

Statistik PayPal masih memberi penggunanya keyakinan bahwa penggunaan PayPal tidak akan berhenti selama ada profesional yang membutuhkannya, seperti Elon Musk. 

Pekerja lepas dan jarak jauh adalah salah satu pelanggan PayPal teratas. Jadi, selama ada orang yang mau bekerja, PayPal akan memberi mereka layanan yang bagus.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id