bar-merah

TNI AL Menambah semarak Festival Teluk Petta dengan Lomba Perahu Hias hingga penyaluran bansos dalam Giat BINWILTASLA

ZONAUTARA.com — Berbagai kegiatan menarik nan meriah menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia mulai dilaksanakan hingga ke pelosok negeri.
Tahun 2022 ini masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya di Kecamatan Tabukan Utara (Tabut) menyambut Dirgahayu NKRI dengan melaksanakan beragam lomba.

Pada Selasa, (09/08/2022) bertempat di Teluk Petta, Pemuda Petta Raya, yang merupakan gabungan para pemuda-pemudi dari desa Petta Induk, Barat, Timur hingga Selatan menggelar lomba balap pamboat, pakura, hingga speedboat.
Ratusan peserta lomba tampak antusias turut berpartisipasi dalam perhelatan tahunan yang sudah digelar sejak 2019 silam ini.

Semarak kegiatan ini pun tak luput dari atensi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna. Bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Petta timur (Pettim) selaku desa binaan Lanal Tahuna, juga menggelar lomba Perahu Hias. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut (BINWILTASLA) serta memaknai dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77 oleh TNI AL. Alhasil, Teluk Petta pun ramai dengan perahu nelayan lalu-lalang yang dihiasi sedemikian rupa.

Pada kesempatan tersebut, hadir Paban VI WILTASLA Spotmar TNI AL, Kolonel Mar Didiet Hendra Wijaya, M.PM. Dalam sambutannya, Kolonel Didiet Hendra Wijaya  mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat mewakili Asisten Potensi Maritim untuk berjumpa dengan rekan-rekan, sahabat,  saudara-saudara di wilayah perbatasan dan bisa melihat langsung perkembangan dan kemajuan kegiatan yang dilaksanakan secara sinergi bersama-sama saat ini.

“Mewakili Asisten Potensi Maritim TNI AL meminta maaf tidak bisa hadir langsung di tempat ini karena ada kegiatan persiapan 17 Agustus yang sangat padat di Jakarta.  Ada upacara pengibaran bendera di dasar laut, ada kegiatan program laut bersih, ada kegiatan penanaman mangrove, ada kegiatan kesenian pemilihan putra-putri bahari. Sehingga beliau menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir di tempat ini namun menyampaikan salam hormat kepada kita semua,” kata Kolonel Didiet.

Lebih lanjut Kolonel Didiet mengatakan bahwa perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut terkait program-program TNI Angkatan Laut yang akan disinergikan bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  bersama dengan seluruh aparat teritorial dan juga bersama dengan masyarakat yang ada di Sangihe.

“Kemarin kami sudah mengunjungi beberapa tempat yang menjadi fokus kegiatan TNI Angkatan Laut, yakni kampung Bahari Nusantara. Di kampung Bahari Nusantara ini ada empat program yang akan kita galakkan yaitu program pendidikan, program ekonomi, program wisata dan juga program kesehatan, yang seluruhnya akan mengacu pada ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi ancaman dan tantangan, baik itu dari luar maupun kehidupan kita sehari-hari,” jelas Didiet.

Kolonel Didiet menegaskan TNI AL bertugas untuk mengamankan wilayah perairan, namun pesan dari Kasal bahwa keberadaan TNI AL juga harus dirasakan secara penuh oleh masyarakat.

“Itu sebabnya kamu datang dari Jakarta untuk memeriksa dan mengecek bagaimana perkembangan di sini,” ujar Kolonel Didiet mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla menjelaskan, kegiatan Binwiltasla di wilayah kerja Lanal Tahuna ini sebagai upaya mewujudkan kekuatan kewilayahan matra laut yang bersumber dari segenap komponen masyarakat wilayah perbatasan, berupa ruang alat dan kondisi juang yang tangguh dan berdaya guna.

“Serta tertata sistem logistik wilayah dan kekuatan masyarakat maritim sebagai kekuatan pengganda untuk mendukung pencapaian pelaksanaan tugas TNI AL, sekaligus sebagai upaya TNI AL dalam Binpotmar sehingga masyarakat mampu mengelolah sumber daya alam yang dimilikinya, khususnya di bidang kemaritiman dengan baik dan benar sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” tukas Sobarudin.

Adapun kegiatan BINWILTASLA yang digelar diantaranya, festival perahu hias, fashion show perahu, bazar pasar murah serta pemberian paket sembako.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pabandya Potwiltasla PPKT Ban VI Wiltasla Spotmar TNI AL Letkol Laut (KH) Malik Nasron SPd MH, Asisten III Setkab Sangihe Dra Olga Makasidamo, Waka II DPRD Sangihe Michael Thungari, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla, komedian Mongol, Kaban Perbatasan Daerah Sangihe Ferdinand Manumpil, Kadis Koperasi dan UMKM Sangihe Sonny Kapal, Perwira Lanal Tahuna dan Lanal Tahuna serta bintara dan tamtama Lanal Tahuna.

(Eriko Apriyanto)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com