Lanal Tahuna bentangkan Sang Saka Merah Putih di bawah laut peringati HUT ke-77 RI

Eriko Apriyanto
Penulis Eriko Apriyanto
Kolase foto Pembentangan Bendera Merah Putih dibawah Laut (Foto: Pasi Intel Lanal Tahuna)



ZONAUTARA.com — Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), memperingati Hari Uang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) dengan kegiatan yang unik.

TNI AL memprakarsai pembentangan Bendera Merah Putih di 77 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Pembentangan Sang Saka Merah Putih di bawah laut tersebut digelar secara serentak, Rabu (17/8/2022).

Di Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri, giat spektakuler ini dikoordinir oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna yang turut menggandeng beberapa instansi dan organisasi seperti PSDKP, Basarnas, POSSI Kepulauan Sangihe, Sangihe Dumarela, Damkar, BNI, KM Barcelona, Polnustar, Dinas Pariwisata serta Dinas Perikanan. Seluruh penyelam terlibat sebanyak 55 orang.

Dikomandoi langsung Komandan Lanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla, para para penyelam melakukan penyelaman di Teluk Tahuna, tepatnya di perairan Pantai Pesona Sangihe, Kelurahan Kolongan Beha, Kecamatan Tahuna Barat.

Sang Saka Merah Putih pun berhasil dibentangkan di kedalamam 10 meter.

Dalam keterangannya Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla menegaskan kembali bahwa kegiatan ini dilakukan di 77 titik di seluruh Indonesia dan di Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah titik ke-66.  

“Dan ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan karena bisa mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut,” tutur Sobarudin.

Menurutnya, sebagai negara maritim, kita harus bisa mengupayakan semaksimal mungkin mengembalikan kejayaan maritim.

“Kurang lebih setengah jam kami melakukan penyelaman di kedalam kurang lebih 10 meter. Dan ini semua bukan prestasi saya, tetapi berkat kerjasama seluruh pihak terutama keterlibatan semua unsur penyelam dengan perencanaan yang matang,” pungkasnya. 

Usai kegitan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Teluk Tahuna, Danlanal menyerahkan cendramata kepada salah satu anggota Lanal Tahuna yang telah pensiun. 

Hadir dalam giat tersebut Asisten II Setkab Sangihe Gregorius Londo, Wakapolres Kepulauan Sangihe Kompol Ferry Manoppo, Kasdim 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe, Unsur Vertikal, Kepala Perbankan, Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Tahuna.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com