bar-merah

John Rahasia dan raihan jawara di UWPC 2022 Festival Pesona Selat Lembeh Bitung

Bitung
John Rahasia saat menerima berada di podium bersama para jawaran lainnya di Lembeh Strait UWPC FPSL Bitung 2022. (Foto: dokumentasi pribadi)

ZONAUTARA.com – Linimasa media sosial John Rahasia dipenuhi ucapan dan pujian. Berbagai ucapan selamat itu karena John baru saja meraih prestasi terbaik dalam ajang Lembeh Strait Under Water Photography Competition 2022, yang digelar dalam rangkaian Festival Pesona Selat Lembeh (FSPL) Bitung pada awal Oktober 2022.

Berdiri di atas podium FSPL Bitung merupakan impian John yang ia pendam selama ini. Dia tidak menyangka impiannya enam tahun lalu itu terwujud saat penjurian terbuka kompetisi foto bergengsi itu, 9 Oktober 2022.

“Enam tahun lalu saya pernah bertugas meliput event FSPL. Waktu itu saya bagian dari tim yang bertanggungjawab mengambil gambar dengan drone,” ucap John.

John berkisah, pada saat liputan FPSL enam tahun lalu itu, dia memendam rasa ingin naik ke panggung. Dan kini impiannya terwujud, menjadi Juara 1 pada kategori Open/DSLR Wide Angel.

Tidak hanya itu, foto John juga meraih posisi 4 untuk kartegori yang sama. Namun karena aturan lomba satu fotografer hanya bisa meraih satu juara, maka John hanya berhak menerima hadiah untuk posisi Juara 1.

“Selain itu salah foto saya juga masuk dalam nominasi 10 besar. Ini panggung yang saya tidak pernah saya sangka,” ungkap John.

Foto John yang diganjar juara 1 itu adalah foto yang bertema diver inside sea cave. Tema yang selaras dengan apa yang dilakukannya akhir-akhir ini, memotret gua-gua bawah air.

“Sejak dulu Selat Lembeh dikenal sebagai tempat penyelaman yang kaya dengan objek macro dive. Kini kami para underwater photographer mencoba mengangkat wide-nya karena sebenarnya dive side untuk wide di selat ini sangat bagus, dan jarang terpublikasi,” jelas John.

Baginya tidak terlalu sulit sewaktu menghasilkan foto yang menjadi juara itu. Karena saat kompetisi berlangsung, cuaca dan visibility cukup baik. Meski, John mengakui ada kendala sedikit saat soal komposisi, karena pengambilan ada di sisi cave yang kecil di angels window.

Dalam penyelaman itu, John menghasilkan sekitar 700 foto selama empat kali dive. Ia menyetor 5 foto kepada panitia, juri lantas memilih 3 fotonya masuk dalam 10 besar. Dua diantaranya meraih posisi teratas dan posisi 4.

Terus belajar

Menurut John dirinya belum lama menekuni foto bawah air. salah satu kategori foto yang sulit dan tidak semua fotografer bisa lakukan. Terhitung dia baru menekuni fotografi bawah air sejak 2019.

Namun dalam rentang waktu yang terhitung singkat itu, John sudah menorehkan beberapa prestasi gemilang, diantaranya: masuk 10 besar pada UWPC Likupang; Juara 1 di UWPC Mangga Tasik dan Juara 1 pada UWPC Sangihe kelas Open Wide.

Capaian prestasi yang gemilang itu tidak lantas membuat John besar kepala. Dia tetap merendah dan mengatakan bahwa ketekunan serta belajar terus adalah kunci meraih semua keberhasilan.

“Kalau kita belajar terus, saya yakin setiap mimpi kita akan terwujud. Asal kita terus semangat dan berusaha mewujudkannya,” kata John.

Keseharian John saat ini diisi dengan aktivitas sebagai scuba instructor dan underwater cave photographer. Dia juga menekuni hobi traveling. Untuk mengikuti aktivitas John, dapat dilihat pada Instagramnya: @joeysecret.

Foto-foto John yang meraih posisi terbaik di FPSL 2022:



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com