Penduduk dunia akan capai 8 miliar pada akhir tahun ini

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Ilustrasi penduduk dunia (Foto: iStock.com)



ZONAUTARA.com – Berdasarkan analisis laju pertumbuhan penduduk dunia, maka populasi manusia di planet ini akan mencapai angka delapan miliar pada tahun 2022. Akan ada titik tertentu dimana manusia kedelapan miliar akan lahir dan mengantarkan tonggak baru bagi umat manusia.

Pertambahan penduduk dunia telah melaju begitu cepat. Hanya dalam 48 tahun, populasi dunia telah berlipat ganda, melonjak dari empat menjadi delapan miliar.

Tentu saja, manusia tidak tersebar merata di seluruh planet ini, karena setiap negara memiliki beragam bentuk dan luas wilayah. Artikel ini bertujuan untuk membangun konteks tentang bagaimana delapan miliar orang tersebar di seluruh dunia.

Populasi Afrika akan menjadi 2,5 miliar

Pada 2022, total populasi Afrika mencapai 1,4 miliar orang. Banyak negara dengan tingkat pertumbuhan tercepat terletak di Afrika dan pada tahun 2050, populasi benua itu diperkirakan akan melonjak menjadi 2,5 miliar.

Nigeria adalah negara terpadat di Afrika dan memiliki ekonomi besar. Berdasarkan tingkat pertumbuhan saat ini, kota terbesar di Nigeria, Lagos, bahkan dapat menjadi megacity top dunia pada akhir abad ini.

Afrika sejauh ini memiliki usia rata-rata terendah di antara benua lainnya.

zonautara.com

Asia menjadi wilayah terpadat di dunia

Dengan 4,7 miliar orang pada tahun 2022, Asia sejauh ini merupakan wilayah terpadat di dunia.

Benua ini didominasi oleh dua pusat populasi besar yakni Cina dan India. Pada tahun 2023, pergeseran besar akan terjadi, dimana India akan melampaui Cina untuk menjadi negara terpadat di dunia.

China telah memegang posisi teratas selama berabad-abad, tetapi ketidaksesuaian antara tingkat pertumbuhan kedua negara membuatnya hanya masalah waktu sebelum tonggak sejarah ini tiba.

Sementara itu Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia, dengan angka 280 juta jiwa.

Asia adalah wilayah yang kontras dalam hal pertumbuhan penduduk. Di satu sisi ada negara seperti Singapura dan Jepang yang justru menyusut. Di sisi lain, ada negara-negara Timur Tengah seperti Oman dan Qatar, yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi sebesar 4-5 persen.

Vietnam berada di puncak menjadi negara ke-15 yang melampaui angka 100 juta populasi.

zonautara.com

Populasi Eropa merosot

Populasi Eropa pada tahun 2022 adalah 750 juta orang, lebih dari dua kali dari Amerika Serikat. Satu abad yang lalu, populasi Eropa mendekati 30% dari total populasi dunia. Saat ini, angka itu berada di bawah 10%. Hal ini, sebagian, karena dipengaruhi pertumbuhan penduduk di seluruh wilayah lain di dunia.

Lebih penting lagi, populasi Eropa menyusut di sejumlah tempat, khususnya Eropa Timur. Banyak negara dengan tingkat pertumbuhan paling lambat terletak di Balkan dan negara-negara bekas blok Soviet.

Rusia tetap menjadi negara terbesar di Eropa berdasarkan populasi. Meskipun wilayah daratan negara itu lebih luas ke Asia, namun tiga perempat penduduk Rusia tinggal di sisi Eropa negara itu.

Jerman adalah negara dengan populasi terbesar kedua di Eropa, diikuti oleh Inggris, Prancis, dan Italia.

Ukraina adalah pusat populasi terbesar ketujuh di Eropa, tetapi masih harus dilihat bagaimana konflik saat ini dengan Rusia berdampak pada prospek populasi jangka panjang negara itu.

zonautara.com

Populasi Amerika Utara setengahnya berada di AS

Populasi Amerika Utara adalah 602 juta orang pada tahun 2022. Benua ini didominasi oleh Amerika Serikat, yang merupakan lebih dari setengah dari total populasi.

Populasi Amerika masih tumbuh sederhana (menurut standar global), tetapi mungkin yang lebih menarik adalah pola migrasi internal yang terjadi. Negara-negara bagian seperti Texas dan Florida melihat gelombang masuk dari negara bagian lain.

Kanada memiliki salah satu tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di negara maju utama berkat migrasi internasional.

Meksiko saat ini adalah negara terpadat ke-10, tetapi pada akhirnya akan tersingkir dari daftar 10 teratas oleh negara-negara Afrika yang tumbuh cepat.

zonautara.com

Populasi Amerika Selatan didominasi Brasil

Populasi Amerika Selatan pada tahun 2022 adalah 439 juta, dan hampir setengahnya ada di Brasil.

Pada dekade ini, ibu kota Kolombia, Bogotá, akan menjadi megacity kelima di kawasan ini (yang didefinisikan memiliki populasi 10 juta atau lebih). São Paulo, Rio de Janeiro, Buenos Aires, dan Lima adalah kota-kota besar Amerika Selatan saat ini.

zonautara.com

Populasi Oseania menurut Negara

Populasi wilayah Oseania adalah 44 juta orang, hanya sedikit lebih banyak dari populasi California. Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini merupakan bagian terbesar dari populasi wilayah ini.

Menariknya, banyak negara terkecil berdasarkan populasi juga dapat ditemukan di wilayah ini.

zonautara.com

Kapan penduduk bumi akan mencapai 9 miliar?

Tonggak populasi global berikutnya, sembilan milia, kemungkinan akan tercapai sekitar tahun 2030-an.

Faktanya, populasi Bumi diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai puncaknya di beberapa titik di tahun 2080-an—mungkin di atas angka 10 miliar.

Sumber: Visual Capitalist



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com