bar-merah

Apa keuntungan management trainee bagi perusahaan serta cara menilai kesuksesannya?

management trainee
Keuntungan management trainee bagi perusahaan (ist)

ZONAUTARA.com – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menjaring talenta-talenta berbakat untuk bergabung dengan perusahaan. Salah satu cara yang sudah terbukti efektif adalah dengan mengadakan management trainee.

Program yang menyasar para fresh graduate ini adalah sistem rekrutmen di mana calon karyawan atau trainee nantinya akan bekerja di bawah pengawasan manajer atau eksekutif perusahaan.

Lalu, apa saja manfaat yang akan didapat perusahaan dengan mengadakan management trainee?

[toc]

Manfaat program management trainee bagi Perusahaan

Nyatanya, management trainee tidak hanya mendatangkan manfaat untuk para kandidat tapi dari sisi perusahaan, sebagai penyelenggara program juga mendapatkan berbagai manfaat, seperti berikut ini:

1. Perusahaan dapat memetakan talenta baru

Para kandidat yang mengikuti management trainee akan secara langsung terlibat dalam operasional perusahaan. Dengan cara ini, perusahaan bisa langsung mengetahui potensi dan kinerja dari talenta-talenta baru yang akan bergabung di dalam perusahaan. Dengan begini, akan mudah bagi perusahaan untuk memetakan karyawan pada divisi-divisi yang ada dalam perusahaan.

Cara ini akan meminimalisir talent menjadi underperform karena ditempatkan tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

2. Perusahaan mendapatkan talent sebagai tenaga eksekutif

Dari program management trainee, perusahaan akan mendapatkan banyak talent untuk mengisi posisi-posisi eksekutif yang ada di perusahaan.

Hal ini tentu dapat meminimalisir risiko kekurangan tenaga eksekutif di kemudian hari, ketika tenaga kerja eksekutif yang menjabat mengundurkan diri atau adanya suksesi di dalam perusahaan.

3. Adaptasi terhadap perusahaan

Program management trainee memberikan waktu yang cukup panjang untuk talent beradaptasi secara langsung dengan lingkungan yang ada di perusahaan. Mulai dari budaya kerja, iklim perusahaan, tempo dan kebiasaan, SOP yang dimiliki, serta peraturan-peraturan lainnya.

Tentu saja dengan proses adaptasi ini akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk adaptasi ketika merekrut karyawan yang benar-benar baru di mana mereka masih harus meraba-raba kondisi perusahaan.

4. Pengembangan karakter serta budaya perusahaan

Program management trainee yang dibuat perusahaan sekaligus sebagai seleksi akhir talent pada budaya yang dimiliki perusahaan.

Pengembangan karakter individu akan berkembang lebih cepat, pada saat talent dapat menyesuaikan diri dan nyaman dengan budaya kerja yang ada di perusahaan. Maka dari itu, perusahaan akan langsung mendapatkan manfaat.

5. Dapat meningkatkan produktivitas perusahaan

Semua para talent yang mengikuti program management trainee sudah beradaptasi dengan lingkungan perusahaan, dengan seperti ini maka selesai dari program tersebut perusahaan akan mendapatkan para talent yang siap bekerja dengan efektif.

Hal ini tentu akan mempersingkat proses adaptasi karena sudah dilakukan selama proses management trainee, sehingga performa yang diberikan talent baru bisa segera dirasakan efeknya bagi produktivitas perusahaan.

Berkat dari para tenaga kerja yang sudah bisa bekerja dan memberikan performa terbaiknya, produktivitas perusahaan dapat meningkat dan dapat dengan cepat mencapai target.

Bagaimana menilai program management trainee sukses atau tidak

Untuk dapat memastikan apakah perusahaan mendapatkan semua manfaat dari adanya program management trainee, tentu dibutuhkan sebuah tolak ukur kesuksesan.

Sebenarnya, tidak sulit untuk mengetahui apakah program management trainee berjalan dengan baik atau tidak. Untuk memastikannya, perusahaan bisa menetapkan KPI kepada para talent dan melihat performance mereka selama mengerjakan pekerjaan yang diberikan.

Salah satu cara efektif untuk memantau performance dari para talent management trainee adalah dengan menggunakan Performance management system berbasis aplikasi bukan cara manual.

Dengan bantuan aplikasi performance ini, perusahaan dapat mengetahui apakah talent bisa bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu, penggunaannya juga bisa menjadi data pertimbangan dalam proses memetakan penempatan talent setelah program selesai.

Tidak sulit untuk menemukan aplikasi performance management system, bahkan aplikasi buatan Indonesia seperti LinovHR pun bisa diandalkan. Terutama fitur-fitur canggihnya ditambah aplikasi LinovHR juga sudah berbasis cloud.

Anda bisa mengunjungi website LinovHR secara langsung untuk mengetahui lebih banyak tentang aplikasi ini serta mengajukan demo gratis juga. ***



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com