bar-merah

VIDEO: “Longgok (C)emas”, mengeruk emas menimbun cemas

emas
Garda Animalia

ZONAUTARA.com – Deru mesin dan alat berat tak asing terdengar di wilayah seluas lebih dari 13 ribu hektare ini. Sejak tahun 90-an, lubang galian yang menganga menjadi harapan para pekerja terhadap butir emas di dalam tanah.

Di sisi lain, nelayan ikan di sungai bercerita bagaimana hadirnya pertambangan emas ilegal membuat mereka kesulitan mendapatkan ikan. Hutan desa pun rusak digerogoti wilayah tambang yang kian meluas, satwa sebagai salah satu tuan rumah merasa awas. Tak luput serta, kehidupan sosial di lokasi yang kondisinya mengkhawatirkan.

Persoalan yang lahir dari keberadaan tambang menjadi pertanyaan besar yang harus dijawab: bagaimana aparat penegak hukum dan pemerintah mengambil sikap untuk mengatasi hal ini?

Tonton film dokumenter tentang kondisi pertambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, produksi Garda Animalia.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com