bar-merah

Cek usia, anda termasuk kelompok generasi yang mana?

generasi
Generasi milenial (Foto: Helena Lopes / Pexels.com)

ZONAUTARA.com – Saat ini anda termasuk dalam kelompok generasi yang mana? Generasi Milenial ataukah sudah masuk kategori Generasi X? Pengelompokan generasi bergantung usia anda saat ini, atau tergantung tahun berapa anda lahir.

Pengelompokan generasi digunakan dalam dunia kerja yang muncul seiring dengan perkembangan manajemen sumber daya manusia. Penelitian tentang perbedaan
generasi ini pertama kali dilakukan oleh Manheim (1952). Menurut Manheim generasi adalah suatu konstruksi sosial yang di dalamnya terdapat sekelompok orang yang memiliki kesamaan umur dan pengalaman historis yang sama.

Seseorang yang menjadi bagian dari satu generasi, adalah mereka yang memiliki kesamaan tahun lahir dalam rentang waktu 20 tahun dan berada dalam dimensi sosial dan dimensi sejarah yang sama. Definisi ini secara spesifik juga dikembangkan oleh Ryder (1965) yang mengatakan bahwa generasi adalah agregat dari sekelompok individu yang mengalami peristiwa-peristiwa yang sama dalam kurun waktu yang sama pula.

Adalah Neil Howe dan William Strauss yang mempopulerkan perbedaan antar generasi. Pada 1991 Howe dan Strauss membagi generasi berdasarkan kesamaan rentang waktu kelahiran dan kesamaan kejadian-kejadian historis. Kedua orang ini juga yang pertama kali mengenalkan istilah Generasi Milenial, melalui buku mereka Millennials Rising: The Next Great Generation (2000).

Oleh para editorial berbagai koran besar di Amerika Serikat, Generasi Milenial juga disebut sebagai Generasi Y. Istilah ini mulai dipakai sejak 1993, untuk menyebut mereka yang lahir dalam rentang tahun 1980 hingga tahun 2000.

Salah satu teori pengelompokan generasi dikemukakan oleh William H. Frey
yang membagi penduduk ke dalam enam generasi. Dari enam kelompok generasi ini, penduduk usia produktif tersebar di empat generasi, yaitu generasi Baby Boomer, X, Y, dan Z.

Kelompok generasi

Jika mengacu pada chart di atas, anda termasuk dalam kelompok generasi yang mana? Masih tergolong Generasi Milenial atau jangan-jangan sudah ada dalam rentang usia klompok Generasi X.

Dalam statistika kependudukan, pengelompokan populasi berdasarkan generasi ini menjadi penting. Misalnya, melihat sebaran usia produktif.

Mayoritas penduduk usia produktif Indonesia pada tahun 2021 tergolong dalam generasi Y, yaitu sebanyak 33,51 persen (BPS). Jumlah penduduk usia produktif terbanyak kedua tergolong ke dalam generasi X sebanyak 31,97 persen,kemudian generasi Z sebanyak 21,31 persen, dan yang paling sedikit tergolong ke dalam generasi Baby Boomer, yaitu sebanyak 13,19 persen.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com