bar-merah

Minahasa Selatan penghasil cabai rawit terbesar di Sulut

Deskripsi

Kabupaten Minahasa Selatan menjadi daerah penghasil cabai rawit terbesar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sepanjang tahun 2021, meski luas lahan cabai rawit terbesar ada di Kabupaten Minahasa.

Jumlah produksi cabai rawit Minahasa Selatan pada 2021 mencapai 70.506 kuintal yang dihasilkan dari lahan seluas 454 hektar. Sementara Kabupaten Minahasa dengan luas lahan cabai rawit sebesar 447 hektar hanya memproduksi sebanyak 28,6 ribu kuintal cabai rawit.

Orang Sulut pada umumnya gemar mengonsumsi cabai rawit. Berbagai menu masakan di Sulut, khususnya di daerah Minahasa adalah menu pedas. Harga cabai rawit menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar di Sulut.

Kabupaten Bolaang Mongondow yang mempunyai lahan pertanian sangat luas, hanya memproduksi 1.496 kuintal cabai rawit pada tahun 2021 pada area seluas 355 hektar. Masyarakat tani di Bolaang Mongondow memang mengandalkan garapan sawah basah.

Sumber

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara. Data diambil pada 17 Desember 2022. Diolah oleh Tim Data Zonautara.com

Catatan: 1 kuintal setara 100 kilogram.

Topik

EKONOMI || PERTANIAN || SULUT



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com