bar-merah

Wilayah Asia-Pasifik Bukan ‘Papan Catur’ di Kalangan Negara-Negara Besar

Kementerian luar negeri China pada Rabu (1/2) mengatakan bahwa kawasan Asia-Pasifik bukanlah “papan catur” di kalangan negara-negara besar. Pernyataan ini merujuk pada perebutan pengaruh kekuatan geopolitik di kawasan tersebut.

Mao Ning, juru bicara Kementerian Luar Negeri China pada keterangan pers rutin mengatakan, “Asia-Pasifik adalah kawasan pembangunan damai, bukan papan catur di kalangan negara-negara besar. China selalu berkomitmen untuk memelihara perdamaian dan stabilitas regional, dan berharap semua pihak dapat melakukan lebih banyak hal yang kondusif bagi stabilitas dan kemakmuran regional, serta tidak menimbulkan konflik dan konfrontasi geopolitik di kawasan Asia-Pasifik.”

Ia menambahkan bahwa China dan Australia sama-sama negara penting di kawasan Asia-Pasifik. “Pembangunan hubungan kedua negara yang sehat dan stabil bukan hanya merupakan kepentingan mendasar kedua bangsa, tetapi juga kondusif bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan Asia-Pasifik dan dunia,” lanjutnya.

Pernyataan Mao itu menyusul komentar Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong sehari sebelumnya mengenai risiko konflik di kawasan Indo-Pasifik, yang mengatakan akan terjadi “bencana” jika konflik itu terjadi. [uh/ab]

Sumber



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com