bar-merah

Rusia Tuding Ukraina Hantam Jembatan Penghubung ke Krimea


Para pejabat Rusia mengatakan serangan Kamis (22/6) malam oleh pasukan Ukraina merusak jembatan yang menghubungkan Semenanjung Krimea ke wilayah Kherson di Ukraina selatan.

Rusia telah menduduki Krimea sejak mencaploknya pada 2014, langkah yang ditolak oleh sebagian besar komunitas internasional.

Jembatan itu terletak di rute yang digunakan pasukan Rusia untuk bergerak antara Krimea dan bagian lain Ukraina yang brada di bawah kendali Rusia.

Sanksi UE

Uni Eropa pada hari Rabu memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia atas perangnya melawan Ukraina. Sanksi itu menarget negara-negara di mana bisnis telah menggunakan celah dalam sanksi sebelumnya untuk terus berdagang dengan Rusia, yang secara efektif mendukung invasi 16 bulan Presiden Vladimir Putin.

Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara sebelumnya telah memberlakukan 10 putaran sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Rusia, dan juga membekukan aset dan memberlakukan larangan perjalanan pada lebih dari 1.000 pejabat.

Ekspansi NATO

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Rabu mendorong Turki untuk mendukung ratifikasi aksesi Swedia ke NATO. Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan Blinken menyatakan dukungannya agar Swedia diterima saat ini dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan di sela-sela konferensi pemulihan Ukraina di London.

Swedia dan Finlandia mengajukan permohonan keanggotaan NATO sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina. Finlandia secara resmi bergabung pada bulan April, tetapi aksesi Swedia telah tertahan oleh keberatan Turki atas apa yang dikatakannya sebagai kurangnya tindakan Swedia terhadap kelompok-kelompok yang oleh Turki dianggap sebagai teroris.

Dengan tiga minggu hingga para pemimpin NATO berkumpul untuk pertemuan puncak di Vilnius, Lituania, Swedia menyatakan harapannya untuk dapat bergabung dengan aliansi tersebut.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengatakan kepada Reuters bahwa parlemen Turki harus memulai proses ratifikasi permohonan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Swedia telah melakukan sejumlah reformasi, termasuk undang-undang anti-teror yang baru, sebagai bagian dari kesepakatan dengan Turki tahun lalu untuk mengatasi masalah keamanan. [lt/ab]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com