bar-merah

20 ribu benih ikan ditebar di Danau Tondano

ZONAUTARA.com – Sebanyak 20.000 bibit ikan air tawar ditebar di Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (12/7/2023). Penebaran bibit ikan ini merupakan bagian dari program Bumi Karsa melalui kegiatan Corporate Social Responsibility.

Danau Tondano menjadi wilayah sasaran pelaksanaan program dari Bumi Karsa sebab sejalan dengan proyek revitalisasi danau yang saat ini sedang berjalan dan ditangani oleh Bumi Karsa.

Danau Tondano yang memiliki volume tampung 668,6 juta/m2 dan luas 4.616 hektar mengalami penyusutan luas, dimana pada tahun 1992 luasnya sekitar 4.800 hektar (berdasarkan rilis PUPR 12 Oktober 2020 SP.BIRKOM/X/2020).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan proses revitalisasi danau yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air dan menjaga batas area luasan danau melalui pengerukan, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai.

“Kita melepas 20.000 bibit ikan mas dan ikan nila di Danau Tondano ini dengan harapan positif dapat turut serta dalam meningkatkan potensi daerah Minahasa, khususnya pada wilayah ini,” tutur Chief Executive Kalla Construction, Kamaluddin,.

Sementara itu, Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Minahasa, Wenny Talumewo, mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan CSR yang dilakukan oleh KALLA, khususnya Bumi Karsa.

“Mari kita dukung bersama program revitalisasi danau ini, mudah-mudahan kita bisa bersama-sama mengoptimalkan potensi daerah ini,” ungkap Wenny.

Kehadiran Bumi Karsa pada proyek revitalisasi tersebut diharapkan mengubah Danau Tondano menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menjanjikan dan memberikan kontribusi terhadap sumber perikanan darat, dan juga dapat mengairi areal persawahan masyarakat sekitar.

“Semoga harapan kita semua untuk meningkatkan perekonomian di Sulawesi Utara bisa terwujud dengan memaksimalkan kolaborasi bersama,” ucap Jesta Saruan mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Dalam proses konstruksi proyek revitalisasi tersebut, Bumi karsa tetap consern untuk tetap peduli terhadap lingkungan (go green) melalui penggunaan teknologi matras bambu. Dimana keunggulan teknologi matras bambu ini dapat mendistribusi beban timbunan pada tanggul secara lebih merata, memberikan daya apung, dan mengurangi differential settlement karena kekakuan.

Pembenihan bibit ikan air tawar di Danau Tondano ini ikut melibatkan instansi pemerintah, baik provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa, Kejaksaan, aparat keamanan TNI – Polri, tokoh masyarakat, hingga masyarakat sekitar di wilayah Danau Tondano.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wenny Talumewo selaku Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Minahasa, Jesta Saruan selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Daud Sonrombon selaku Kepala Dinas PU Kab. Minahasa, Vekih Kaloh selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Minahasa, Ronny Maweikere selaku Kapolsek Tondano, Yoris Tumilantouw selaku Camat Tondano Selatan, dan Paulus Manengkey selaku Lurah Tounsaru.

Selama 54 tahun, PT Bumi Karsa senantiasa berkomitmen penuh untuk maju bersama masyarakat, mitra dan seluruh stakeholder dengan melaksanakan beberapa program CSR-nya. Baik dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan dan keselamatan, serta pemberdayaan masyarakat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com