Ukraina, Polandia Katakan Tentara Bayaran Wagner Tiba di Belarus




Pasukan tentara bayaran Rusia, Wagner, akhirnya tiba di Belarus dari Rusia, kata pejabat Ukraina dan Polandia pada Sabtu (15/7). Mereka tiba sehari setelah Minsk mengatakan bahwa Wagner sedang melatih tentara negara itu di tenggara ibu kota. 

“Wagner ada di Belarus,” kata Andriy Demchenko, juru bicara badan perbatasan Ukraina, dalam pernyataan yang diunggah di aplikasi pesan Telegram. Dia menambahkan bahwa ia telah mengamati pergerakan “kelompok terpisah” dari Rusia di Belarus. 

Sejumlah pasukan Wagner telah berada di Belarus setidaknya sejak Selasa, kata dua dua sumber yang dekat dengan kelompok itu mengatakan kepada Reuters. 

Kementerian Pertahanan Belarusia merilis sebuah video pada Jumat (14/7), menunjukkan apa yang diklaimnya sebagai sebagai pasukan Wagner sedang member instruksi tentara Belarus di sebuah area latihan militer di dekat Kota Osipovichi. 

Presiden Vladimir Putin mengatakan kepindahan Wagner ke Belarus adalah bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri upaya kudeta kelompok tersebut pada Juni setelah mengambil kendali markas militer Rusia, merangsek di Moskow, dan mengancam akan membawa Rusia ke dalam perang saudara. 

Pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin belum terlihat di depan umum sejak dia meninggalkan Kota Rostov-on-Don di Rusia selatan pada 24 Juni. 

Wakil Menteri Koordinator Layanan Khusus Polandia Stanislaw Zaryn mengatakan bahwa Warsawa mengonfirmasi kehadiran pejuang Wagner di Belarus. 

“Mungkin ada beberapa ratus dari mereka saat ini,” kata Zaryn di Twitter. 

Polandia mengatakan pada awal Juli bahwa pihaknya memperkuat perbatasannya dengan Belarus untuk mengatasi potensi ancaman atas kehadiran pasukan Wagner. [ah/ft] 

 

 

 

Source link


Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia

Related Posts

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com