bar-merah

Helikopter Tentara Australia Jatuh, Latihan Militer AS-Australia Dihentikan


Latihan militer gabungan antara Australia dan Amerika Serikat (AS) dihentikan pada Sabtu (29/7) setelah helikopter Angkatan Pertahanan Australia (ADF) yang turut ikut dalam latihan perang itu jatuh ke laut lepas pantai negara bagian Queensland. 

Setidaknya empat orang dikhawatirkan tewas setelah kecelakaan itu. Peristiwa nahas itu terjadi ketika helikopter tersebut jatuh ke perairan dekat Pulau Hamilton, sekitar 890 km utara ibu kota negara bagian Brisbane, Jumat (28/7) malam. 

Menteri Pertahanan Richard Marles pada Sabtu (29/7) pagi mengatakan pihaknya menerjunkan tim SAR untuk menemukan helikopter MRH-90 dan empat awaknya yang hilang. 

Direktur latihan militer Talisman Saber, Brigadir Damian Hill, mengatakan rencana latihan militer antara kedua negara terpaksa ditunda setelah kecelakaan itu. 

“Saya telah memprakarsai program Pause-Ex di seluruh Australia untuk semua peserta Talisman Saber yang memungkinkan mereka semua, tanpa memandang dari negara mereka, dapat menghubungi dan memberi tahu keluarga mereka apa yang sedang terjadi,” kata Hill, menurut transkrip resmi. 

Talisman Saber merupakan latihan perang yang digelar selama dua minggu dalam unjuk kekuatan dan persatuan di tengah pembangunan militer China di wilayah tersebut. Latihan tersebut melibatkan lebih dari 30.000 tentara dan peserta dari 11 negara lain. 

Latihan berlangsung di berbagai lokasi di seluruh Australia dan termasuk simulasi pertempuran darat dan udara, serta pendaratan amfibi. [ah/ft] 

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com