Dijadwalkan berlangsung 4 hari, Gladian Sulut resmi dibuka

Tim Zonautara
Penulis Tim Zonautara
Dijadwalkan berlangsung 4 hari, Gladian Sulut resmi dibuka, (Foto: Kelly Korengkeng).



ZONAUTARA.COM, MINAHASA – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam bidang kepecinta-alaman dan kegiatan alam bebas, Forum Komunikasi Pencinta Alam (FKPA) Sulawesi Utara (Sulut) gelar Gladian tingkat propinsi, di kawasan Kengkang Waterfall, Desa Tincep, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 68 peserta dari berbagai Komunitas Pecinta Alam yang ada di Sulut.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut, Brigjen Pol Pitra Andrias Ratulangi, membuka langsung pelaksanaan kegiatan berharap, para peserta bisa mencintai diri sendiri sebelum mencintai alam dengan tidak mengunakan narkoba, serta mengajak seluruh peserta untuk terlibat dalam pencegahan pengunaan narkotika di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Ketua FKPA Sulut, Nanvie Tagah, menggatakan, Gladian Pencinta Alam Sulut bertujuan sebagai ajang bertukar pikiran, pengetahuan pendapat, kemampuan dalam bidang kepecinta-alaman dan kegiatan alam bebas.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh FKPA Sulut. Dengan adanya Gladian ini diharap agar para pegiat alam bebas memiliki kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang setara antar sesama pegiat alam bebas, khususnya di Sulawesi Utara,” ujar Nanvie.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, David Malonda, mengatakan, Gladian kali ini, materi yang diberikan adalah pelatihan berupa medical first responding (pertolongan pertama medis), SAR (search and rescue, pertolongan darurat), konservasi, mountenering (pendakian gunung), climbing (panjat tebing), paralayang, arung jeram, river boarding dan selam.

“Pelaksanaan kegiaatan berlangsung sejak tanggal 26 oktober hingga 29 oktober di mana dua hari pertama, seluruh peserta akan mengikuti materi kelas dan dua hari untuk praktek lapangan. Selain itu, juga ada peringatan upacara dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda,” jelas David.

David menambahkan, pelaksanaan kegiatan Gladian provinsi kali ini menjadi ajang persiapan bagi FKPA Sulut untuk ajang kegiatan Gladian tingkat nasional tahun 2024.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com