bar-merah

G7 Dukung Jeda Kemanusiaan di Gaza, Tegaskan Kembali Dukungan untuk Ukraina

Para menteri luar negeri G7, Rabu (8/11), mengatakan mereka mendukung “jeda dan koridor kemanusiaan” dalam perang Hamas-Israel tetapi menahan diri untuk tidak menyerukan gencatan senjata.

Kelompok ini juga mengatakan setelah pembicaraan di Jepang bahwa dukungan mereka terhadap Ukraina dalam perangnya dengan Rusia “tidak akan pernah goyah” dan menyerukan China untuk tidak mendukung Moskow dalam konflik tersebut.

“Kami menekankan perlunya tindakan segera untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang memburuk di Gaza… Kami mendukung jeda dan koridor kemanusiaan untuk memfasilitasi bantuan yang sangat dibutuhkan, pergerakan sipil, dan pembebasan sandera,” kata pernyataan bersama mereka.

Para menteri juga “menekankan hak Israel untuk membela diri dan rakyatnya sesuai dengan hukum internasional dalam upayanya mencegah terulangnya kembali” serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Ia menambahkan: “Kami menyerukan Iran untuk menahan diri dari memberikan dukungan kepada Hamas dan mengambil tindakan lebih lanjut yang mengganggu stabilitas Timur Tengah, termasuk dukungan untuk Hizbullah Lebanon dan aktor nonnegara lainnya, dan menggunakan pengaruhnya terhadap kelompok-kelompok tersebut untuk mengurangi ketegangan regional.”

Keamanan keseluruhan

Militer Israel tanpa henti membombardir Gaza sejak 7 Oktober, setelah militan Hamas melancarkan serangan yang menyebabkan 1.400 orang tewas di Israel, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut pihak berwenang Israel.

Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan jumlah korban tewas di Gaza telah melampaui 10.300 orang.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa tidak akan ada bahan bakar yang dikirim ke Gaza dan tidak ada gencatan senjata kecuali lebih dari 240 sandera yang ditangkap oleh Hamas dibebaskan.

Ia juga mengatakan Israel akan mengambil alih “keamanan keseluruhan” di Gaza setelah perang berakhir, sambil mengizinkan kemungkinan “jeda taktis” sebelum membebaskan tawanan dan mengirimkan bantuan ke wilayah yang terkepung.

Namun, Washington mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya menentang pendudukan jangka panjang baru di Gaza oleh Israel.

Kelelahan Ukraina

Mengenai perang di Ukraina, pernyataan G7 mengatakan, “Komitmen teguh kami untuk mendukung perjuangan Ukraina demi kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas wilayahnya tidak akan pernah goyah.”

“Kami lebih lanjut menyerukan China untuk tidak membantu Rusia dalam perang melawan Ukraina, menekan Rusia untuk menghentikan agresi militernya, dan mendukung perdamaian yang adil dan abadi di Ukraina,” katanya.

Para menteri juga mengatakan bahwa mereka “menyambut baik partisipasi China dalam proses perdamaian yang dipimpin Ukraina”.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba bergabung dalam pertemuan G7 melalui konferensi video.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa mengatakan bahwa “bahkan ketika ketegangan meningkat di Timur Tengah, penting bagi G7 untuk bersatu dalam mengirimkan pesan yang jelas kepada komunitas internasional bahwa komitmen teguh kita untuk mendukung Ukraina tidak akan pernah goyah”.

Ketika perang di sana mendekati tahun ketiganya dan serangan balasan Ukraina kurang membuahkan hasil, Presiden Volodymyr Zelensky secara teratur bertemu dengan para pemimpin Barat untuk mencoba menghilangkan rasa stres atas konflik tersebut.

Ukraina bersiap menghadapi serangan Rusia kedua terhadap fasilitas energinya pada musim dingin.

Serangan serupa yang dilakukan pasukan Moskow tahun lalu menyebabkan ribuan orang kehilangan sumber panas atau listrik dalam suhu yang sangat dingin.
“Jelas, khususnya saat ini, bahwa di seluruh dunia beberapa (pihak) sedang mengamati dengan cermat bagaimana kita akan terus mendukung Ukraina,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock sebelumnya. [ab/uh]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com