bar-merah

Sukseskan Pemilu, Bupati bersama KPU Bolsel gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara

bolsel
Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, bersama Ketua KPU Bolsel Stenly Kakunsi, didampingi Ketua Divisi Parmas, Sosdiklih dan SDM, Marlia Lumali, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Liswan Lumali. (Foto: Zonautara.com/Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, bersama Ketua KPU Bolsel Stenly Kakunsi, didampingi Ketua Divisi Parmas, Sosdiklih dan SDM, Marlia Lumali, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Liswan Lumali. (Romansyah Banjar/Zonautara.com)

ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, Senin 29 Januari 2024.

Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru selaku Pemerintah Daerah turut hadir dalam agenda tersebut.

Orang nomor satu di Bolsel itu, menuturkan kehadirannya sebagai spirit dan semangat.

“Yah kami selaku Pemerintah Daerah mensupport pesta demokrasi lima tahunan sekali ini, agar berjalan lancar dan sukses nantinya,” beber Kamaru.

Lanjutnya, dia mengapresiasi semua saudara-saudari yang turut ambil bagian dalam mensukseskan agenda politik lima tahun ini.

“Dimana, PPS, PPK dan KPPS, semua unsur yang ada, ini namanya telah tercatat dalam sejarah, sebagai pahlawan demokrasi,” tegasnya, sembari bahwa mereka semua adalah ujung tombak suksesnya Pemilu.

Sementara itu Ketua KPU Bolsel Stenly Kakunsi, mengatakan kegiatan simulasi ini merupakan agenda kedua setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Tomini.

“Ini merupakan imbauan KPU RI untuk memaksimalkan persiapan penyelenggara Pemilu,” ujar Stenly saat membuka pelaksaan simulasi.

Eks jurnalis itu, menambahkan bahwa Pemilu 2024 ini ada hal yang baru dibandingkan Pemilu sebelumnya.

“Pemilu kali ini sudah tidak lagi menggunakan formulir C hologram atau biasa disebut Plano yang saat penghitungan tempel di papan TPS. Untuk menjaga keasliannya Pemilu 2024 ini KPU menggunakan micro teks,” tambahnya.

Ditempat yang sama Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bolsel, Fijey Bumulo mengatakan bahwa simulasi tersebut melibatkan PPK, PPS dan KPPS serta masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan pemantapan yang melibatkan masyarakat dalam simulasi Pemilu,” kata dia.

Fijey, menyebut bahwa pelaksaan simulasi ini juga akan menjadi acuan serta pelaksanaan prosedur di tingkat TPS.

“Sehingga pemahaman mereka terhadap pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara lebih maksimal,” tutur dia.

“Jadi pemilihnya kali ini benar-benar yang tercatat di DPT kita undang beberapa pemilih untuk mengikuti simulasi, agar ada gambaran,” ujar Fijey.

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024 akan dimulai pukul 07.00, dan kemudian dilanjutkan dengan penghitungan surat suara.

“Kita harapkan pada pelaksanaannya nanti semuanya bisa sesuai rencana dan berjalan aman, lancar dan kondusif,” pintanya.

Dalam kegiatan simulasi ini, KPU Bolsel juga memberikan penjelasan kepada calon pemilih tata cara pencoblosan, serta memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan warna kertas suara.

Turut hadir dalam simulasi tersebut unsur Forkopimda dan perwakilan partai politik.

Sebelumnya KPU Bolsel melantik 1533 KPPS yang akan bertugas di TPS.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com