bar-merah

Pemkab Sitaro Terus Mantapkan Persiapan Jelang Pelaksanaan Festival Gelar Adat Tulude

sitaro
Sekertaris Daerah Denny D Kondoj, di dampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sitaro, Dolly Polimpung. (Foto: Jufri Kasumbala)

ZONAUTARA.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus memantapkan persiapan jelang pelaksanaan Festival adat Tulude yang dilaksanakan 7 Februari 2023 mendatang.

Untuk tahun ini, lokasi pelaksanaan Festival gelar adat Tulude di pusatkan di komplek kantor Bupati, tepatnya mengitari tugu pala.

Festival Adat Tulude ini, dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro akan mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur, Forum Komunikasi Pimpinan daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Bupati maupun walikota yang ada di Sulut.

“Tentunya kita berharap para undangan bisa hadir bersama – sama di Sitaro,” kata Sekertaris daerah Denny D Kondoj ditemui, (23/1/2024).

Tulude merupakan adat yang ada di Kepulauan di Nusa Utara (Sebutan Sitaro, Sangihe, Talaud), gelarannya merupakan bentuk ucapan syukur warga kepada Tuhan yang Maha Esa atas perlindungan selama setahun dan mendoakan di tahun baru, karenanya di laksanakan di setiap awal tahun.

Ketua Majelis Pemangku Adat Daerah (MPAD) Kepulauan Sitaro, dr. Semuel Raule dijumpai pada kesempatan yang sama memastikan semua perangkat, baik petugas maupun ornamen pendukung sudah disiapkan jelang Tulude.

Ditanya apakah ada perbedaan, Raule menyampaikan hanya pelaku adat yang berubah.

Menurut Raule, dengan digelarnya adat Tulude setiap tahun, maka tidak sulit mencari sumber daya untuk menjadi pelaku adat yang berperan.

“Kita sudah memiliki pelaku adat yang cukup, sehingga petugas – petugas ini sudah tahu peran masing – masing ketika pelaksanaan adat,” ungkap Raule.

Ia juga menyampaikan kedepan, MPAD akan menggelar pertemuan bersama seluruh pemangku adat atau pelaku adat di Sitaro, lewat pertemuan ini akan di bahas beberapa poin diantaranya terkait pelaksanaan adat Tulude.

“Nantinya kita akan membahas atau bertukar pikiran mencari kesamaan informasi di tiap gelaran adat kita, salah satunya Tulude, juga nantinya akan di atur setiap tahun pelaksanannya berbeda tergantung group,” kata Raule.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com