bar-merah

Siau – Manado hanya Rp 274 ribu, PT SAM AIR siap layani 9 rute penerbangan di Sulawesi

siau
Penandatanganan kontrak Layanan Angkutan Udara Perintis antara PPK Bandara Djalaluddin Gtlo dgn Direktur Semuwa Aviasi Mandiri (PT. SAM AIR).

ZONAUTARA.com – Setelah penantian panjang dan sempat diterpa isu tak sedap, karena belum juga dioperasikan, terkini Bandara Taman Bung Karno di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akhirnya siap melayani rute angkutan perintis yang dioperasikan oleh PT SAM AIR. Penerbangan dengan pesawar twin otter ini direncanakan akan dimulai Februari 2024 ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Indra Purukan, hadir langsung menyaksikan penandatanganan perjanjian layanan angkutan udara perintis, antara PPK Bandara Djalajudin Gorontalo dengan Direktur Semuwa Aviasi Mandiri (PT. SAM AIR).

Purukan memastikan untuk pesawat yang melayani rute Penerbangan Bandara Taman Bung Karno Siau yakni pesawat Twin Otter DHC 6-300, dengan kapasitas 19 kursi.

“Rencananya penerbangan perdana itu pada 19 Februari setelah Pemilu,” ucap Purukan, dihubungi pada, Jumat (2/2/2024).

Pada Buku Kesiapan Pelaksanaan Angkutan Udara Perintis Penumpang Korwil Gorontalo Tahun Anggaran 2024, Kementrian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, dijelaskan bahwa pesawat twinn otter milik PT SAM Air akan melayani sembilan rute penerbangan.

Rute penerbangan ini terbagi dalam dua frekuensi, diantaranya rute Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Pohuwato, Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Pogogul, Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Bolaang Mongondouw, dan Bandara Pohuwato ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, dengan frekuensi penerbangan sebanyak dua kali seminggu.

Sedangkan untuk frekuensi kedua melayani rute Bandara Sam Ratulangi ke Bandara Bolaang Mongondouw, Bandara Siau ke Bandara Sam Ratulangi, Bandara Naha Tahuna ke Siau, Bandara Naha Tahuna ke Bandara Miangas, dan Bandara Miangas ke Bandara Melonguane dengan frekuensi penerbangan satu kali seminggu.

Jaringan Pelayanan Subsidi Angkutan Udara Perintis Penumpang dan BBM Korwil Gorontalo. T.A 2024. (Sumber Kemenhub, Dirjen Perhubungan Udara)

Sesuai data yang ada, untuk tarif dari Bandara Siau ke Bandara Sam Ratulangi Manado dipatok Rp. 274.190, Untuk Bandara Sam Ratulangi Manado ke Bandara Siau dengan tarif Rp. 361.310.

Sedangkan, Bandara Siau ke Naha Tahuna pada tarif Rp. 207.590 dan sebaliknya dari Naha Tahuna ke Bandara Siau Rp.212.590.

Terkait informasi ini, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro Periode 2018 – 2023, Jhon Palandung ikut bangga.

Meski maskapai baru beroperasi di usai masa jabatannya bersama Bupati Evangelian Sasingen, namun berbagai upaya juga telah dilakukan sampai Bandara di Siau ini selesai dan bisa dioperasikan.

Ia pun mengaku senang dengan kemajuan yang terjadi untuk Sitaro, harapannya menjadi pendongkrak ekonomi di daerah, atau setidaknya menjadi jalan supaya para pejabat di Pemerintah Pusat bisa berkunjung, tanpa khawatir harus berlayar dengan kapal.

Tarif Angkutan Udara Perintis (Sumber: Sumber Kemenhub, Dirjen Perhubungan Udara)

“Sudah lama ditunggu Masyarakat di Sitaro, akhirnya sudah terwujud, bisa memanfaatkan penerbangan dengan harga terjangkau, karena pasti disubsidi Pemerintah Pusat.

“Mudah-mudahan sudah tidak tertunda lagi,” katanya.

Palandung mengakui dengan adanya penerbangan ini, diharapkan Sitaro lebih maju dan masyarakat memiliki banyak pilihan untuk keluar daerah, apalagi Pulau Siau yang sebagian besar wilayahnya masuk rawan bencana tidak lagi takut dengan pengiriman bantuan.

“Pasti bantuan lebih cepat,” tutur dia.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com