bar-merah

Kepulauan Sitaro Jadi Kabupaten dengan Indeks Pembangunan Statistik Tertinggi se Sulut

Sumber : Badan Pusat Statistik

ZONAUTARA.com – Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) meraih poin tertinggi, mengungguli semua Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di tahun 2023.

Sesuai data yang diterima dari Badan Pusat Statistik, sesuai Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik nomor 741 tahun 2023 tentang hasil EPSS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, Kabupaten Kepulauan Sitaro memperoleh nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2,07 di ikuti Kota Manado 2,01 serta Kepulauan Sangihe 1,93.

Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E B. Oroh menyambut baik hasil diperoleh daerah, dimana negeri berjuluk 47 pulau ini mampu menunjukan eksistensinya bersaing positif dengan daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan nilai IPS mencapai 2,07 dan meraih predikat cukup, membuktikan Sitaro masih bisa lebih baik lagi. Meski begitu, angka ini akan menjadi dasar Pemerintah merumuskan program berfokus pada kebutuhan daerah.

“Ini kebanggan, lewat capaian ini tentunya pemerintah akan memiliki standar untuk memutuskan apa saja program kedepan sesuai data yang dimiliki sebagai rujukan,” ucap Oroh.

Capaian ini sudah tentu tidak terlepas dari kerja Tim Penilai Internal EPSS 2023. Sesuai Surat Keputusan Bupati Kepulauan Sitaro nomor 122 tahun 2023, ditandatangani 12 Juni 2023, menunjuk Koordinator Tim Sekertaris Daerah Kepulauan Sitaro dan di Ketuai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Sitaro.

“Walidata Pendukung Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepulauan Sitaro serta Produsen Data semua Kepala Organisasi perangkat daerah bersama para camat,” kata Kepala Diskominfo Sitaro, Stanly C F. Tukunang, Rabu (8/2/2024).

Stanly menjelaskan hasil dari EPSS ini melalui berbagai tahapan, sampai akhirnya kerja tim penilai itu kemudian di evaluasi dan diperiksa dari Tim penilai badan, yang waktu itu BPS Kota Manado.

“Jadi ini hasil evaluasi itu. Bersyukur bisa menjadi yang terbaik dari Kabupaten/Kota sesulut bahkan lebe tinggi dari propinsi Sulawesi Utara kali ini,” ucal Stanly.

“Ini juga hasil kerja keras Semua OPD yang telah melaksanakan Pekerjaan Statistik Sektoral Tahun 2023 sesuai dengan Aturan dan Tahapan.”

Stanly berharap di tahun 2024 ini ada peningkatan nilai indeks Pembangunan Statistik dan perbaikan predikat. “Itu target kita,” jelasnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com