bar-merah

Status Gunung Api Ruang kembali naik ke Level IV Awas

gunung api ruang
Erupsi Gunung Api Ruang 30 April 2024. (Foto: warga)

ZONAUTARA.com – Menyusul serangkaian peristiwa erupsi yang terjadi sejak beberapa waktu lalu, Gunungapi Ruang, yang terletak di Pulau Ruang, Sulawesi Utara, kembali berada pada tingkat aktivitas yang mengkhawatirkan, yaitu Level IV (AWAS).

Status Gunung Api Ruang dinaikkan ke Level IV Awas menyusul erupsi pada Selasa, 30 April 2024 dinihari. Warga Tagulandang melaporkan, lontaran material vulkanik dari Gunung Ruang lebih luas dari erupsi pada tanggal 17 April lalu.

Secara visual dan instrumental aktivitas Gunung Ruang terpantau dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Gunungapi Ruang, merupakan gunungapi tipe strato dengan ketinggian puncak mencapai 725 m di atas permukaan laut (dpl).

gunung api ruang
Erupsi Gunung Api Ruang 30 April 2024. (Foto: warga)

Sejarah erupsi Gunungapi Ruang mencatat aktivitas erupsi sejak tahun 1808, dengan interval erupsi berkisar antara 1 hingga 30 tahun. Erupsi terakhir sebelum kejadian erupsi di tahun 2024 terjadi pada tahun 2002, yang mengakibatkan kerusakan lahan dan pemukiman serta memaksa penduduk setempat untuk mengungsi.

Erupsi 30 April

Rilis dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebut perkembangan terbaru aktivitas Gunungapi Ruang hingga tanggal 30 April 2024 adalah sebagai berikut:

  • Pengamatan visual Gunungapi Ruang periode 22-30 April 2024 mengindikasikan cuaca yang beragam, dari cerah, kabut, berawan hingga hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur, selatan, dan barat.
  • Pasca erupsi paroksimal tanggal 17 April 2024, aktivitas erupsi mengalami penurunan, dan pada tanggal 22 April 2024, tingkat aktivitas Gunungapi Ruang diturunkan dari Level IV (AWAS) ke Level III (Siaga).
  • Tim BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi-KESDM telah memasang 1 stasiun seismik (RAPS) di Pulau Ruang pada tanggal 26 April 2024 untuk memantau aktivitas Gunungapi Ruang.
  • Kegempaan yang tercatat hingga tanggal 29 April 2024 mencakup gempa Guguran, gempa Vulkanik Dangkal, gempa Vulkanik Dalam, gempa Tektonik Lokal, dan gempa Tektonik Jauh.
  • Hasil pemantauan visual hingga tanggal 29 April 2024 menunjukkan masih tingginya aktivitas vulkanik Gunungapi Ruang, dengan teramati asap kawah dan terjadinya erupsi dengan intensitas lemah pada pukul 17.02 WITA.
  • Pada tanggal 30 April 2024, terjadi erupsi dengan kolom erupsi berwarna kelabu pada pukul 01.15 WITA, yang mengakibatkan peningkatan tingkat aktivitas Gunungapi Ruang dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) pada pukul 01.30 WITA, dengan jarak rekomendasi bahaya dalam radius 7 km.
  • Erupsi berlanjut pada pukul 02.32 WITA dengan suara gemuruh, yang diikuti dengan hujan batu di Pos PGA Ruang di Pulau Tagulandang. Erupsi berlangsung hingga pukul 04.30 WITA.
  • Pada pukul 08.35 WITA, teramati erupsi disertai aliran awan panas yang mencapai laut pada sektor timurlaut dari pulau G. Ruang, dengan kolom erupsi setinggi 5000 m dari atas puncak.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan mengikuti instruksi yang telah ditetapkan, termasuk tidak memasuki wilayah radius 7 km dari pusat kawah aktif Gunungapi Ruang, serta untuk selalu memantau perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau situs web resmi yang telah disediakan.

Sumber: Badan Geologi Kementerian ESDM RI

Pemerintah daerah dan instansi terkait juga diminta untuk senantiasa berkoordinasi dengan pihak yang berwenang dalam mitigasi bencana.

Tingkat aktivitas Gunungapi Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, dan informasi lebih lanjut akan disampaikan sesuai dengan perkembangan terbaru.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com