SITARO, ZONAUTARA.com – Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyebutkan, tak ada korban jiwa maupun kerugian material yang terjadi dalam bencana banjir bandang yang melanda Siau, Sabtu (8/7/2017).

Hal tersebut disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro Bob Wuaten saat dikonfirmasi Zonautara.com. Namun untuk waktu kejadian dirinya belum dapat memastikan.
“Untuk kejadian banjir belum bisa pasti tadi malam atau nanti tadi pagi soalnya hujan lebat dari tadi malam sampai pagi. Lokasi yang terkena bencana di Namitung dan Batuawang,” ungkap Bob.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sitaro kini sudah melakukan pembersihan di dua lokasi tersebut. Beberapa titik yang terdampak, terutama Namitung, telah mendapat penyaluran bantuan seperti makanan instan.

“Dan sekarang ini sudah bisa dilalui kendaraan,” singkatnya.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, hujan yang mengguyur wilayah pulau Siau sejak pukul 05.00 Wita membuat sejumlah wilayah terdampak. Di antaranya Kelurahan Paniki dengan sejumlah rumah terendam air dan tanggul kali kering hancur. Di kampung Bebali, akses jalan dari Siau Timur ke Siau Barat putus.

Akses jalan yang putus juga terjadi di Batuawang yang telah jadi langganan bencana jika intensitas hujan tinggi. Di Kampung Mala akses jembatan putus diterjang aliran air yang deras. Sedangkan di Kelurahan Bahu, Siau Timur beberapa rumah terendam banjir.

 

Reporter : Steven Aling/Rahadih Gedoan



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id