Connect with us

ZONAPEDIA

Apa Yang Perlu Dilakukan Saat Tulang Ikan Nyangkut di Kerongkongan Anak?

Sementara itu, dikutip dari detikHealth, dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta menjelaskan minum air juga bukan cara terbaik mengatasi tersedak atau ketika ada duri ikan yang nyangkut di kerongkongan.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Seringkali karena terlalu asyik menyantap ikan, tanpa disadari, tulang ikan terutama yang berukuran kecil dan halus ikut tertelan dan nyangkut di kerongkongan.

Jika ini terjadi, pasti terasa sakit, nyeri bahkan susah menelan makanan dan minuman. Apalagi jika posisi tulang ikan itu melintang.

Banyak anjuran yang disarankan agar tulang yang nyangkut itu terlepas. Salah satunya anjuran yang tidak logis, yakni merangkak di kolong meja makan. Walau tidak logis tetapi banyak pula yang melakukannya.

Anjuran yang lain adalah dengan mengangkat kedua tangan ke atas. Konon makanan yang tersangkut bisa dengan mudah keluar. Ada pula yang menyarankan untuk menelan nasi kepal bulat-bulat.

Namun Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K) dari Rumah Sakit Anak & Bunda (RSAB) Harapan Kita mengatakan bahwa anjuran-anjuran itu salah.

Sebagaimana di kutip dari haibunda.com, menurut dr Ariani, sebenarnya duri yang nyangkut bisa turun sendiri saat anak makan dengan normal. Jadi tidak perlu menelan makanan bulat-bulat. Tapi kalau anak sudah mengeluh nyeri atau duri yang nyangkut nggak juga hilang, bisa dibawa konsultasi ke dokter.

“Biasanya nanti dilihat posisinya menancap miring atau lurus. Kalau tersangkut di pencernaan bisa ke dokter gastrointestinal (pencernaan). Kalau ternyata nyangkut di rongga pernapasan, diperiksa dengan alat bronkoskopi untuk melihat posisi duri dalam bronkus,” papar dr Ariani.

“Intinya nggak usah panik tetap makan, kalau ada keluhan segera periksakan ke dokter,” imbuhnya.

Sementara itu, dikutip dari detikHealth, dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta menjelaskan minum air juga bukan cara terbaik mengatasi tersedak atau ketika ada duri ikan yang nyangkut di kerongkongan. Air minum hanya bisa dipakai untuk melancarkan makanan yang masuk ke saluran makanan.

Nah, kalau seseorang tersedak, termasuk anak-anak, maka pertolongan pertama bisa dilakukan dengan memberikan Heimlich Maneuver. Caranya adalah si penolong berdiri di belakang anak yang tersedak. Kedua tangan penolong dilingkarkan di atas perut anak yang tersedak, dengan posisi tangan kanan mengepal, sementara tangan kiri menggenggam tangan kanan.

Selanjutnya hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar. Hentakan dilakukan sebanyak lima kali. Jika makanan tidak keluar saat itu juga, manuver sebaiknya diulangi sekali lagi.

Cara lainnya adalah memukul punggung orang yang tersedak menggunakan tangan agar makanannya keluar.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di hadibunda.com

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

ZONAPEDIA

Trakindo, distributor resmi Caterpillar

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – PT Trakindo Utama atau biasa juga hanya disebut Trakindo merupakan perusahaan penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia.

Setelah didirikan oleh AHK Hamami pada tahun 1970, Trakindo kemudian menjadi distributor resmi untuk Caterpillar di tahun 1971.

Trakindo memiliki fasilitas yang berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia, untuk melayani dan memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke.

Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.

zonautara.com
Alat berat milik Trakindo bermerak Caterpillar.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com