Connect with us

ZONAPEDIA

Mengapa Ada Orang Yang Tidak Suka Minum Air Putih?

Tanpa minum air, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Selain mampu melepas dahaga, air putih juga menyegarkan.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Banyak orang melakukan terapi minum air putih (air tawar) demi kesehatan. Minum segelas air putih setiap bangun pagi diyakini akan membantu menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Bagi orang yang sadar akan kesehatannya, membawa botol air minum yang berisi air putih bahkan sudah merupakan gaya hidup. Namun ada juga orang yang tidak suka air putih. Mereka lebih memilih mencari air minum selain air putih atau membiarkan diri kehausan.

Padahal tanpa minum air, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Selain mampu melepas dahaga, air putih juga menyegarkan.

Dikutip dari HelloSehat sebagaimana yang dilansir Kompas.com, ini beberapa alasan mengapa orang tidak suka minum air putih:

1. Ketagihan gula

Bila Anda termasuk orang yang selalu mencari makanan atau minuman yang manis serta selalu kalap ketika mengonsumsi makanan manis, Anda mungkin saja ketagihan gula.

Orang yang ketagihan gula biasanya lebih menyukai minuman yang ada rasanya, tidak hambar atau tawar seperti air putih. Ini karena indra pengecap orang yang ketagihan gula baru akan bereaksi secara positif kalau Anda minum minuman seperti teh manis, soda rasa buah-buahan, atau jus kemasan.

Karena tidak terbiasa dengan makanan atau minuman yang tawar, air putih pun jadi terasa tidak sedap di lidah.

Cara mengatasinya: Supaya tidak terlalu hambar, tambahkan irisan buah-buahan segar atau rempah dedaunan dalam air putih. Minum infused water akan membuat air minum Anda lebih sedap dan manis.

Cobalah untuk menambahkan irisan buah lemon, stroberi, kiwi, anggur, apel, nanas, atau jambu. Rempah dedaunan seperti daun mint juga bisa menambah cita rasa yang khas pada air minum Anda.

Selain rasanya lebih enak, infused water juga tampak lebih berwarna daripada air putih biasa. Hal ini bisa mengecoh pikiran Anda sendiri, seolah Anda sedang minum jus buah yang manis, bukan air putih.

2. Kembung setelah minum air

Ada orang yang tidak suka air putih karena setelah minum perut jadi terasa kembung. Nah, ini mungkin karena cara Anda minum salah. Seharusnya saat perut kosong, minum satu atau dua gelas air putih tidak bikin kembung. Akan tetapi, kalau Anda minum seliter air sekaligus, perut Anda bisa kelebihan cairan. Anda pun jadi merasa kembung dan mual.

Begitu juga kalau Anda baru minum air sesudah makan. Masalahnya, perut Anda sudah dipenuhi makanan dan cairan dari makanan.

Cara mengatasinya: Lebih baik sering minum tapi sedikit-sedikit saja. Jangan langsung minum banyak sekaligus. Misalnya minum setengah gelas air putih setiap satu jam.

Anda juga sebaiknya minum air putih sebelum makan atau saat Anda makan. Ini supaya Anda bisa mengukur perut Anda sudah terasa penuh atau belum. Sesudah makan, minum air secukupnya saja, tidak perlu berlebihan.

3. Rasa airnya aneh atau tidak segar

Hati-hati kalau Anda tidak suka air putih karena rasanya yang aneh atau tidak segar. Meskipun air minum memang rasanya berbeda-beda, seharusnya air putih rasanya tidak terlalu tajam atau pahit.

Rasa air yang terlalu tajam bisa saja disebabkan oleh pencemaran, penambahan bahan kimia berlebihan, atau keseimbangan Ph air yang berubah.

Cara mengatasinya: Kalau air minum di rumah Anda terasa aneh, segera periksa kualitas airnya. Kalau Anda langganan membeli air minum galon, tanyakan dan pastikan pada penjual bahwa air belum kedaluwarsa dan disimpan di tempat yang ideal.

Bila Anda biasa merebus air dari keran PAM, segera hubungi petugas PAM. Kalau Anda merebus air yang berasal dari sumur tanah, bawa sampel airnya untuk dicek di laboratorium.

Nah, untuk sementara waktu Anda sebaiknya minum air putih dari sumber lain dulu. Misalnya beli air minum kemasan merek lain.

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Arti kedutan dalam primbon Jawa

Kedutan merupakan peristiwa yang kapan saja dapat kita alami

Bagikan !

Published

on

zonautara.vom

ZONAUTARA.com Р Dalam primbon Jawa, kedutan pada bagian tubuh manusia punya arti tertentu. Kepercayaan ini sudah tumbuh sejak ratusan tahun yang lalu.

Kedutan merupakan peristiwa yang kapan saja dapat kita alami. Lalu apa saja kedutan-kedutan bagian tubuh dan apa artinya dalam primbon Jawa bila terjadi?

  • Bila kedutan di kelopak mata kanan atas artinya akan mendapat keberuntungan.
  • Bila kedutan di kelopak mata kiri atas artinya akan bertemu dengan kekasih hati.
  • Bila kedutan di kelopak mata kanan bawah artinya akan mengalami kesedihan.
  • Bila kedutan di kelopak mata kiri bawah artinya akan mengalami kesedihan.
  • Bila kedutan di bola mata kanan artinya akan bersedih hati.
  • Bila kedutan di bola mata kiri artinya akan berbahagia.
  • Bila kedutan di kepala sebelah kanan artinya akan mengalami sakit.
  • Bila kedutan di kepala sebelah kiri artinya akan mendapatkan kemuliaan.
  • Bila kedutan di alis sebelah kanan artinya akan bahagia, tapi akan mengalami kesulitan terlebih dulu.
  • Bila kedutan di alis sebelah kanan artinya akan mendapat kebahagiaan.
  • Bila kedutan di dahi artinya akan mendapat kekayaan atau ilmu pengetahuan.
  • Bila kedutan di tengkuk artinya akan dicintai oleh seseorang yang berlimpah harta.
Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com