Connect with us

Zona Sitaro

Teddy Ginsel Basare Nilai Pemerintahan Tonsu Tak Gagal, Hanya Saja Kurang Fokus

Published

on

SITARO, ZONAUTARA.com – Teddy Ginsel Basare tidak ingin tendensius seperti praktek politik yang lazim terjadi dalam sebuah ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Menghadapi Pilkada Sitaro 2018 ini, Teddy malah memilih tak ingin menyalahkan Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Toni Supit (Tonsu).

Setidaknya begitulah sikap politiknya ketika dimintai pandangannya soal kelemahan-kelemahan dalam program pemerintahan di wilayah yang berjuluk Karamado atau Karangetang, Mandolokang, dan Kolo-kolo tersebut.

“Tonsu tidak gagal. Hanya saja masih kurang fokus. Bupati Tonsu lebih fokus pada pembangunan infrastrukur, sekalipun pada akhirnya terlalu banyak bangunan dan tidak dimaksimalkan,” ujar Teddy dalam sebuah kesempatan wawancara dengan wartawan Zona Utara.

Di matanya, pembangunan infrastruktur di Sitaro sangat penting. Di antara banyak hal yang perlu diseriusi adalah pembangunan jalan lingkar di setiap pulau, terutama di tiga pulau utama, yaitu Pulau Siau, Pulau Tagulandang, dan Pulau Biaro. Ada kategori Jalan Nasional dan Jalan Provinsi di luar Jalan Kabupaten yang belum diusahakan maksimal usulan pembangunannya oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kalau hanya mengandalkan Jalan Kabupaten, agak berat, apalagi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, red) di Sitaro kecil. Tidak mungkin semua terserap di situ. Kalau mencontoh beberapa daerah, ada tim khusus yang membantu lobi dalam anggaran di Pusat,” ujar sosok yang telah mendaftarkan dirinya untuk maju di Pilkada Sitaro 2018 melalui gabungan partai Gerindra-Demokrat-Nasdem (Gardenas) ini.

Meski tak ingin sesumbar, Teddy berharap bila dirinya nanti terusung sebagai Bupati Kepulauan Sitaro nanti, pembangunan jalan lingkar pulau harus direalisasikan. Hal tersebut sangat penting untuk membantu peningkatan aksesibilitas masyarakat yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi daerah.(adv)

 

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HEADLINE

Karangetang terus erupsi, 195 orang diungsikan, 494 orang masih terisolir

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Hingga Jumat (8/2/2019) jumlah pengungsi dampak erupsi Gunung Berapi Karangetang di pulau Siau mencapai 195 jiwa yang terdiri dari 45 kepala keluarga.

Rilis data dari Humas Basarnas Manado menyebutkan, pengungsi berada di shelter pengungsian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro dan di gedung SD GMIST Batubulan. Warga terdampak lainnya juga mengungsi ke rumah keluarga mereka.

Dari 195 jiwa yang terdata, sebanyak 122 jiwa atau 33 kepala keluarga ditampung di shelter pengungsian BPBD Sitaro yang ada di Paseng. Sementara 44 jiwa lainnya ada di SD GMIST Batubulan.

Erupsi Karangetang yang terjadi sejak 2 Februari lalu, telah memutus akses jalan ke kampung Batubulan yang terdampak. Material yang menimbun jalan setinggi sekitar 50 meter itu membuat warga terisolir.

Data dari Basarnas Manado menyebutkan ada sebanyak 494 warga yang masih terisolir di Batubulan. Akses satu-satunya kini hanya bisa dilakukan lewat laut.

Namun gelombang tinggi karena cuaca memburuk membuat rombongan Bupati Sitaro yang diangkut dengan rescue boat KN SAR Bima Sena tidak bisa merapat ke Batubulan, Kamis (7/2) kemarin.

Padahal kapal yang dioperasikan oleh Basarnas Manado itu juga mengangkut bahan bantuan. Namun Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen memastikan warga yang terisolir telah mendapat bantuan bahan makanan sebelumnya.

Kini longsoran material vulkanik dari Kawah Dua atau Kawah Utara Karangetang telah mencapai laut, dan teramati melebar sehingga menambah dampak area yang beresiko.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sitaro sendiri telah menetapkan status tanggap darurat dari kejadian erupsi Karangetang ini.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com