Astaga! Angka Kemiskinan Di Kabupaten Kepulauan Talaud Meningkat 3 Persen

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan



MANADO, ZONAUTARA.com – Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Philipina. Dengan jarak 218 mil atau 351 kilometer dari Kota Manado menjadikan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai daerah yang cenderung terisolir karena jauh dari ibukota Sulawesi Utara (Sulut).

Pembangunan dan penyempurnaan moda transportasi darat dan laut yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud selama ini ternyata belum memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Bumi Porodisa. Ini bukanlah tudingan tanpa bukti faktual.

Pasalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut merilis data adanya peningkatan angka kemiskinan dari tahun 2015 ke tahun 2016 di wilayah tersebut sebanyak 3 persen.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Sulut Ahmad Azhari kepada wartawan Zona Utara menjelaskan, jumlah penduduk miskin data tersebut merupakan update terakhir sebagaimana rilis yang diterbitkan melalui website BPS Provinsi Sulut.

“Pada tahun 2015, angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Talaud mencapai 8.920 jiwa. Sedangkan pada tahun 2016 meningkat sebanyak 3 persen atau menjadi 9.220 jiwa. Data tersebut sesuai hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan memperhatikan beberapa indikator kemiskinan, yaitu indeks keparahan kemiskinan, indeks kedalaman kemiskinan, presentasi penduduk miskin, dan jumlah penduduk miskin,” jelasnya.

 

Penulis: Suhandri Lariwu

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com