bar-merah

Olahraga Ini Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak

ZONAUTARA.com– Untuk menjaga berat badan tetap ideal, tubuh perlu berolahraga. Namun, tidak sedikit orang yang jarang berolahraga dengan alasan tidak ada waktu lantaran kesibukannya.

Aktivitas yang menggunakan lebih banyak otot dan melibatkan beban yang berat tentunya akan membakar kalori dalam jumlah besar. Selain itu, semakin tinggi intensitasnya juga akan membakar kalori yang lebih banyak.

Berikut olahraga yang yang direkomendasikan Zona Utara bagi Anda yang ingin membakar kalori yang lebih banyak, seperti yang dikutip dari klikdokter.com:

  1. Lari

Lari dengan kecepatan 12 km per jam akan membakar kalori paling banyak. Hampir 1000 kalori per jam yang dibakar ketika Anda berlari.

Namun, berlari dengan kecepatan tinggi tersebut tentunya tidak bisa lama. Anda juga dapat mencoba untuk berlari interval yaitu dua menit lari cepat dan berganti satu menit jogging.

 

2. Berenang

Berenang adalah olahraga yang juga membakar banyak kalori. Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda bergerak ketika berenang.

Rata-rata kalori yang terbakar per jam ketika berenang adalah 600 hingga 900 kalori, tergantung gayanya. Gaya yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada.

 

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan membakar banyak kalori. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan Anda bersepeda.

Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km per jam dapat membakar 500 hingga 700 kalori setiap jam nya. Tentunya semakin cepat Anda akan membakar lebih banyak kalori.

 

4. Boxing

Tinju atau boxing adalah olahraga yang intens. Olahraga tersebut membutuhkan gerakan yang konstan dan energi yang dikeluarkan besar untuk melawan pasangan Anda. Tinju dapat membakar 550 hingga 800 kalori per jam.

 

5. Lompat tali

Jangan menganggap remeh olahraga lompat tali. Memang terlihat tidak membutuhkan usaha, lompat tali adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Banyak orang yang hanya bertahan melakukan lompat tali untuk beberapa menit. Jumlah kalori yang terbakar dalam waktu 30 menit adalah 400 kalori.

Namun, sulit untuk melakukan lompat tali dalam waktu yang lama. Anda dapat melakukannya interval dengan jogging di tempat.

 

6. Olahraga tim

Olahraga permainan tim seperti sepak bola, basket, tenis dan lain-lain juga membakar kalori secara efektif. Sepak bola dapat membakar kalori hingga 1000 per jam, hal ini dikarenakan seringnya kegiatan berlari mengejar bola.

Basket dan tenis dapat membakar kalori hingga 700 per jam. Tentunya olahraga tim ini sering menjadi olahraga kesukaan para remaja.

Jumlah kalori yang terbakar saat berolahraga tergantung dari intensitas, otot yang terlibat dan berapa lama olahraga tersebut dilakukan. Jadi, lakukanlah olahraga dengan cara benar agar efektif membakar kalori Anda.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com