bar-merah

CHRISTOFEL W.B. MANOPPO: Penyair, Atlit dan Penggiat Mawale Cultural Center

CHRISTOFEL W.B. MANOPPO, adalah penyair sekaligus atlit Anggar. Lahir di Manado, 27 Maret 1981. anak pertama dari dua bersaudara. Hobi menggambar sejak kanak-kanak. Banyak menulis puisi dan cerpen. Juga aktif terlibat dalam kegiatan sastra dan teater di Sulawesi Utara.

Antara tahun 1996-2003 sebagai atlit cabang olahraga anggar, ia tergabung pada Pusat pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) / Kelas Olahraga Sulawesi Utara cabang olahraga Anggar, angkatan pertama tahun 1996. Selepas SMA Kelas III Bahasa di tahun 1999, kuliah di Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi Jurusan Sastra Jerman. Di tahun 2004 memperoleh beasiswa pertukaran mahasiswa dari Dinas Pertukaran Akademis Jerman / Deutscher Akademischer Austauschdienst untuk kuliah musim panas di Jerman.

Lulus sebagai Sarjana Sastra di tahun 2005, setahun kemudian menjadi Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kota Manado. Sejak tahun 2012 bertugas di Sub bagian Tata Usaha Pimpinan Setdakota Manado (kini Bagian Tata Usaha dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Manado) sebagai penyusun pidato / sambutan untuk Walikota, Wakil Walikota, dan Sekretaris Daerah Kota Manado, di samping tugas sekunder, penerjemah bahasa Inggris dan Jerman.

Bergiat di bidang budaya melalui Mawale Cultural Center antara lain dalam kegiatan Skola Mawale dan Komunitas Penulis Muda Mapatik. Menekuni pula fotografi bersama Mawale Photography. Adapun Mawale Movement adalah sebuah gerakan budaya untuk mengenal diri, membangun “rumah jiwa”, mendorong kemandirian berpikir, menginspirasi kreativitas masyarakat agar dapat menumbuhkan daya hidup dan memanusiakan sesama manusia.

Sejumlah puisi dan cerpennya pernah dipublikasikan di media cetak lokal seperti Media Sulut dan majalah Waleta. Menulis puisi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, dan bahasa Manado.

Buku pertamanya, sebuah kumpulan puisi tunggal, “(Torang Pe) Hidop”, diterbitkan oleh Mawale Cultural Center tahun 2010. Kumpulan puisi tunggal berikutnya, “Di Titik Permenungan” dan kumpulan cerpen tunggal “Chocolate”, diterbitkan oleh Mawale Cultural Center pada tahun 2012. Puisinya juga dimuat dalam buku “Untuk Mengenang Dia, Pdt. Prof. Dr. Wilhelmus Absalom Roeroe (16 September 1933 – 27 Desember 2015) Dalam Kenangan Para Sahabat, Kenalan Dan Para Murid”, sebuah antologi esai dan puisi, terbit tahun 2016 atas kerjasama UKIT Press dengan P.T. Percikan Hati. Saat ini tergabung dalam anggota Dewan Kesenian Kota Manado. (Kurator Iverdixon Tinungki).



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com