bar-merah

Ternyata, Sakit Gigi Bisa Disembuhkan Dengan Tanaman Acmella Oleracea

MANADO, ZONAUTARA.com – Tak bisa dipungkiri, dewasa ini banyak orang yang merasakan sakit gigi dan takut ke dokter. Alasannya, takut melihat jarum suntik.

Untuk mengatasi rasa takut tersebut, Francoise Barbira Freedman, seorang ilmuwan dan peneliti Cambridge University, Inggris, menciptakan dan mengembangkan gel penghilang rasa sakit gigi.

Gel tersebut dari bahan dasar tanaman Acmella Oleracea yang berasal dari hutan Amazon, di wilayah Peru, Amerika Selatan.

Sifat dari tanaman ini dapat menutupi ujung saraf sehingga bisa menimbulkan efek mati rasa selama beberapa saat.

Diketahui, kasiat gel ini dalam uji klinis tahap awal, terbukti cukup ampuh tanpa menimbulkan efek samping.

Jenis obat penghilang rasa sakit ini dikembangkan Freedman setelah dia merasakan pengalaman hidup membaur dengan salah satu suku asli di hutan Amazon, Peru, Amerika Selatan pada 1975.

Semenjak itu, selama 30 tahun dia hidup bersama salah satu suku rahasia di hutan Amazon, yakni suku Lamas Keshwa.

Sejak ribuan tahun lalu, tanaman Acmella Oleracea telah digunakan oleh Suku Inca untuk mengobati berbagai jenis sakit diantaranya sakit gigi, bisul, dan abses. Juga bisa dipakai untuk membersihkan gigi.

Hal ini karena sifat dari tanaman itu bisa menghilangkan rasa sakit (Anestesi).

Jenis tanaman ini adalah tanaman yang bisa ditemukan di kawasan Amazon yang berbunga kuning.

Tanaman tersebut pernah dibawa ke Asia Selatan oleh para pelaut pada abad ke-18 dan ke-19 dan dinamakan “tanaman sakit gigi”.

Obat bius tersebut amat potensial digunakan dalam praktek dokter gigi dan diproyeksikan untuk mengurangi rasa sakit pada bayi yang giginya baru tumbuh.

Obat itu juga dapat digunakan dalam pengobatan sindrom iritasi usus.

Dengan adanya penemuan ini maka pengobatan untuk sakit gigi berarti tidak perlu lagi memakai suntikan bius dalam operasi dokter gigi.

Kegunaan tanaman ini, diketahui lewat pengalamannya saat merasakan sakit gigi, sewaktu hidup bersama dengan suku rahasia tersebut.

Yakni saat ia bersama penduduk lokal sementara mendaki bukit sambil melewati hutan, tiba-tiba gigi bungsunya terasa sakit.

Melihat kondisi tersebut, salah seorang warga suku rahasia, memetik daun tanaman Acmella Oleracea dn menyuruh meletakkan di gigi yang sakit.

Dalam sekejap rasa sakit giginya kemudian lenyap, meski beberapa jam kemudian timbul lagi.

Akhirnya, kejadian ini akhirnya mendorongnya menciptakan obat bius, termasuk untuk penderita sakit gigi, tanpa harus menggunakan jarum suntik, dengan bahan dasar tanaman Acmella Oleracea.

 

Berita ini sebelumnya pernah tayang di Tempo.co

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com