Connect with us

ZONAPEDIA

Apa Saja Syarat Menjadi Pahlawan Nasional?

Hingga tahun 2016 tercatat ada 169 pahlawan nasional. Dari 169 pahlawan nasional itu, 40 di antaranya disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Sementara sisanya tersebar di sejumlah TMP daerah dan pemakaman umum.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Hingga tahun 2016 tercatat ada 169 pahlawan nasional. Dari 169 pahlawan nasional itu, 40 di antaranya disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Sementara sisanya tersebar di sejumlah TMP daerah dan pemakaman umum.

Di Kementerian Sosial adal direktorat khusus yang mengurusi soal pahlawan, namanya Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial.

Merujuk Undang-Undang No. 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, hingga Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2010, dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2012 tentang Prosedur Usulan Gelar Pahlawan Nasional, disebutkan bahwa setiap orang maupun institusi “dapat mengajukan usul pemberian gelar calon pahlawan nasional”.

Usulan itu dibuat berjenjang, dari daerah hingga provinsi sampai kementerian. Ada sebuah tim yang mengevaluasi nama-nama yang diusulkan, dari tingkat daerah hingga pusat.

Menurut Undang-undang itu Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Adapun syarat umum menjadi Pahlawan Nasional adalah: WNI atau seseorang yang berjuang di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI, memiliki integritas moral dan keteladanan, berjasa terhadap bangsa dan negara, berkelakuan baik, setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara, dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Sementara syarat khusus mendapat Gelar Pahlawan Nasional harus diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia dan yang semasa hidupnya:
A. Pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
B. Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan.
C. Melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya.
D. Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.
E. Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat
dan martabat bangsa.
F. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi; dan/atau
G. Melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

 

Disarikan dari berbagai sumber, terutama dari tirto.id

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

ZONAPEDIA

Trakindo, distributor resmi Caterpillar

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – PT Trakindo Utama atau biasa juga hanya disebut Trakindo merupakan perusahaan penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia.

Setelah didirikan oleh AHK Hamami pada tahun 1970, Trakindo kemudian menjadi distributor resmi untuk Caterpillar di tahun 1971.

Trakindo memiliki fasilitas yang berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia, untuk melayani dan memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke.

Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.

zonautara.com
Alat berat milik Trakindo bermerak Caterpillar.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com