16 Kuda Untuk Kereta Kencana Di Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby

ZONAUTARA.com – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution, kental dengan tradisi Jawa. Kirab kereta kuda pun mewarnai prosesi resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby.
Pihak keluarga Jokowi telah memesan khusus kendaraan tradisional tersebut.

Bak putri kerajaan, Kahiyang Ayu akan dibawa oleh kereta kuda tersebut dari kediamannya di Jalan Kutai RT 8 RW VII menuju lokasi resepsi di Gedung Graha Saba Buana yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Solo, Jawa Tengah.

Seperti dikutip dari Tribun, ada fakta-fakta unik yang menarik diketahui dari kereta kencana ini. Jumlah kereta yang digunakan dalam perhelatan akbar ini ada delapan kereta. Dari kedelapan kereta tersebut terdiri dari empat yang membawa keluarga Kahiyang dan empat yang ditumpangi keluarga Bobby.

Kereta-kereta kuda tersebut berasal dari milik pribadi Anwar, dua kereta milik Jokowi sendiri, dan empat sisanya adalah milik Pemerintah Kota Solo. Delapan kereta itu rencananya masing-masing akan ditarik oleh dua kuda, sehingga total kuda yang disiapkan ada 16 kuda.

Anwar Muhtadi, pengurus kuda yang telah lama dipercaya keluarga Jokowi, mengatakan bahwa kondisi kuda sehat dan bugar.

“Kuda yang dipilih berjenis kuda poni peranakan Australia dan lokal. Kuda berwarna merah didatangkan dari Kota Solo dan ada dari luar kota,” ujarnya.

Untuk kru, terdiri dari kusir dan pembantu kusir. Semuanya terdiri dari 20 orang berasal dari warga Solo saja. Kereta kencana yang akan ditunggangi Kahiyang-Bobby dan keluarga dihias sedemikian rupa, sebagaimana layaknya dalam tradisi Jawa.

 

Editor: Rahadih Gedoan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.