Suka Duka Pengajar Tari Kabasaran

Penulis: Gary Kaligis

MANADO, ZONAUTARA.com – Karena kecintaannya terhadap nilai-nilai luhur budaya Minahasa, Berthy Semen Koraag (50) akhirnya menggeluti profesi sebagai pelatih tarian Kabasaran.

Warga Jaga VII, Desa Pineleng Satu, Kecamatan Pineleng, telah belasan tahun menggeluti profesi tersebut. Dari polsesan tangan pemilik Sanggar Waraney Toto Kaye ini, muncul beberapa kelompok tarian Kabasaran yang hingga kini cukup eksis keberadaannya.

“Saya pernah melatih kelompok Kabasaran Desa Tinoor. Mereka pernah menyabet juara satu pada Festival Kota Bunga tahun 2014,” ujar Semen, sapaan akrabnya.

Menurut dia, kelompok tari Kabasaran Desa Tinoor, adalah salah satu dari sekian kelompok tari yang pernah dilatihnya. Ada juga kelompok tari Kabasaran Desa Warebungan, Sea, Batu Kota dan Pineleng.

Bahkan ada juga beberapa kelompok kategorial, diantaranya Kaum Bapa Katolik (KBK) dan Pemuda Katolik Paroki Pineleng dan Hati Kudus Karombasan, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Watutumou, Maumbi.

Menariknya, ada beberapa sekolah juga turut dilatihnya, seperti TK Esa Toroan dan SD GMIM Pineleng serta kelompok siswa SMK Negeri 1 Manado.

Dalam usahanya melatih tarian Kabasaran, dirinya tidak pernah mematok harga. Dalam proses latihanpun, dia harus banyak bersabar menghadapi karakter dari masing-masing orang.

Atas kecintaannya terhadap tarian Kabasaran ini, dia harus benar-benar memberi diri, tenaga dan bahkan waktu yang dimilikinya, demi lestarinya tarian Kabasaran.

Meski demikian, ayah dari empat orang anak ini ternyata mampu memberikan perhatian yang sama besarnya antara tugas dan keluarga.

“Puji Tuhan, anak tertua saya sudah menyelesaikan kuliah, sedangkan yang kedua dan ketiga sementara kuliah dan yang bungsu sementara duduk di bangku SMA,” ujarnya.

Kunci dari semua kegiatannya ini, kata Semen, yakni tetap berdoa dan mengucap syukur atas semua karunia Tuhan.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com