Connect with us

Serba Serbi

Good Time Selalu Ada Saat Natal

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Setiap hari raya Natal, sepertinya sudah menjadi keharusan bagi ibu rumah tangga untuk membuat kue kering. Ada kue dibuat buat menjamu tamu yang datang, ada juga untuk dijual.

Mintje Wowor (47), ibu rumah tangga asal Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, kepada wartawan Zonautara.com mengaku, kue kering adalah salah satu menu yang pasti tersaji di rumah saat Natal.

“Setiap ibu-ibu pasti memiliki kue spesial yang selalu disajikan setiap hari Natal. Kalau di rumah saya, kue good time wajib ada setiap tahun,” kata Mintje sambil mencampur adonan kue, Kamis (21/12/2017).

Dia menjelaskan, kue tersebut merupakan favorit anak-anaknya. Selain good time, ada juga kue  rambutan, keju, dan nastar. Semua kue, kata dia, sangat digemari orang-orang.

“Banyak yang suka kue itu, jadi saya membuatnya. Kue nastar sudah selesai, sedangkan kue yang lain tinggal melihat waktu hari ini atau kemungkinan nanti selesai hari Natal,” katanya.

Biasanya, kata dia, jika sebelum Natal belum semua kue selesai, akan dilanjutkan pada 27-30 Desember.

Dia menuturkan, kemampuannya membuat kue tak lepas dari hobi memasaknya. Hal itu yang membuat beberapa kerabatnya memesan kue buatannya.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, sering dapat orderan kue kering dari orang-orang. Tapi tahun ini tidak menerima orderan karena sudah tidak mau terlalu sibuk,” katanya.

Terkait dengan sajian Natal, Mintje mengatakan, biasanya sajuan saat Natal pasti memasak makanan berbeda dari hari biasa. Sajian makanan yang dihidangkan mulai dari daging ayam, babi, dan ikan.

“Tapi kemungkinan Natal tahun ini akan pulang kampung. Sehingga tidak terlalu sibuk seperti di rumah,” pungkasnya.

 

Editor: Eva Aruperes

Serba Serbi

Babi aneh bermata satu berwajah mirip badak, di peternakan di Kalasey

Induk dan pejantan serta 12 ekor anak babi lainnya normal.

Published

on

Anak babi berwajah mirip badak dan bermata satu. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Seekor anak babi terlahir aneh. Wajahnya mirip dengan wajah badak. Lebih aneh lagi, mata anak babi ini hanya satu.

Menurut penjaga kandang Novli Rumondor (38), baru kali ini selama dia menjadi pekerja di peternakan babi menemui hal aneh seperti ini.

“Heran juga, baru kali ini bentuknya sangat aneh,” ujar Novli saat ditemui Sabtu (30/6/2019) malam, di kandang yang berada di desa Kalasey, kecamatan Mandolang, Minahasa.

Novli yang menjaga babi ternak milik Denny Robial, warga Tateli itu menerangkan, induk dan pejantan babi aneh itu dalam kondisi normal dan tidak ada yang cacat.

“Induknya melahirkan 13 ekor anak babi kemarin sore (Jumat, 29/6). Yang 12 ekor itu nornal semua, hanya satu ini yang aneh,” jelas Novli.

Karena terlihat lemah, Novli memindahkan anak babi itu di tempat terpisah. Dia khawatir, anak babi itu akan tersisih karena lemah.

“Jadi saya pindah di loyang ini, dan saya beri minum susu, disuap,” kata Novli.

Denny pemilik induk babi itu mengaku kaget saat mendengar kabar ada anak babi yang kondisinya tidak seperti anak babi lainnya.

“Saya tidak tahu apa penyebabnya. Semoga saja anak babi itu bertahan hidup,” kata Denny.

Jika diperhatikan, wajah babi itu memang mirip badak. Mulutnya yang cacat seperti cula badak. Matanya terlihat menyatu di tengah, meski nampak pula kedua bola matanya.

Di lokasi babi aneh itu terdapat beberapa peternakan babi milik warga setempat. Novli sendiri dipercayakan merawat 20 ekor induk babi.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com