bar-merah

Gempa Bumi 4,9 SR Tak Berpotensi Tsunami

MANADO, ZONAUTARA.com – Gempa bumi tektonik terjadi di Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (6/1/2018) sekitar pukul 23.39 Wita. Gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter (SR) ini tak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet melalui rilisnya mengatakan, hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4,9 SR.

Pusat gempa pada koordinat 0.79 LU, 125.34 BT, pada kedalaman 36 km, dengan lokasi pusat gempa di laut Maluku bagian utara dan diperkirakan berjarak 72 km sebelah Tenggara Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Dampak gempa bumi  ini dirasakan di daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Kota Manado dan Kota Bitung  dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI),” kata Irwan.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, kata dia, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng tektonik di Laut Maluku bagian Utara.

“Hingga pukul 00.15 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” katanya.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai, kata dia, dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com