Connect with us

HEADLINE

MAHORO: Nirwana Eksotis Pantai Berpasir Indah di Sitaro

Jika nyali cukup besar, sempatkan untuk mencoba menelusuri gua sarang burung walet yang berada di sisi pulau.

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.COM — Jika menyebut destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara, Taman Laut Bunaken pasti menjadi referensi utama. Padahal banyak destinasi wisata bahari tersebar di kabupaten-kabupaten Nusa Utara yang tidak kalah indahnya.

Nusa Utara adalah wilayah yang mencakup tiga kabupaten kepulauan di bagian ujung utara Sulawesi. Ketiga kabupaten kepulauan adalah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Dulunya tiga kabupaten ini tergabung dalam Kabupaten Sangihe Talaud sebelum dimekarkan.

Di Kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro) sendiri tersimpan banyak potensi wisata bahari, salah satunya adalah Pulau Mahoro dan pulau-pulau di sekitarnya. Pulau Mahoro merupakan pulau kecil yang berada dalam cluster Buhias. Sebuah pulau nan eksotis dengan pasir yang begitu mempesona.

Cluster Buhias sendiri merupakan cluster yang terdiri dari rangkaian beberapa pulau yang seolah tercampakkan di lautan yang mengepungnya. Beberapa pulau sebagian tak berpenghuni, termasuk Pulau Mahoro. Demikian pula pulau-pulau karang lainnya yang menonjol ke permukaan laut, juga tak berpenduduk.

Pulau Mahoro sendiri merupakan titik paling Timur dari cluster Buhias, sehingga menjadikan pulau ini semacam benteng bagi pulau lainnya. Salah satu sisinya langsung berhadapan dengan lautan bebas yang membuat dinding-dinding batunya terhantam ombak. Sementara di sisi lainnya tempat yang sangat tenang, karena di depannya beberapa pulau memagari.

zonautara.com

Suasana sunset di langit sekitar cluster Buhias difoto dari pulau Mahoro. Sitaro. (Foto: zonautara.com/Ronny A Buol)

Pulau indah ini menjadi tempat sangat indah untuk menikmati pemandangan Gunung Api Karangetang yang dijuluki sebagai The Real Volcano, karena aktivitasnya tak pernah berhenti sepanjang tahun. Apalagi jika menanti siraman sinar sunrise ketika menerangi Karangetang. Demikian pula dari pulau Mahoro juga sangat baik untuk menanti sunset yang tenggelam di balik beberapa pulau di depannya, termasuk pulau Tagulandang di kejauhan.

Keindahan Mahoro telah mampu membuat takjub beberapa pelancong yang datang ke pulau itu. Sebut saja Travel Photographer Professional, Ebbie Vebri Adrian yang sudah mendatangi lebih rinuan destinasi wisata di Indonesia.

“Jika saya diminta membuat daftar 10 pantai terbaik di Indonesia, maka pantai Pulau Mahoro masuk dalam daftar tersebut,” ujarnya ketika menginjakkan kaki pertama kali di pulau Mahoro beberapa waktu lalu.

Tim Explore Indonesia Kompas TV termasuk yang dibuat kagum dengan keindahan pulau Mahoro. Host acara itu yang sekaligus vokalis Tangga, Kamga berujar, “Ini luar biasa! pantai ini begitu indah, pasir putihnya tidak terasa panas walau siang terik. Sungguh Mahoro merupakan pantai yang sangat eksotis,” ujarnya terkagum-kagum ketika melakukan pengambilan gambar di Mahoro, beberapa waktu lalu.

Mahoro malah menjadi perbincangan di kalangan traveler internasional, kala acara televisi dari Korea, Law of the Jungle menjadikan lokasi ini sebagai tempat pengambilan gambar. Pasalnya produser acara yang populer itu memboyong beberapa artis Korea untuk shooting di Mahoro.

AKSES KE MAHORO

Untuk menuju Mahoro dari Manado, wisatawan dapat menggunakan transportasi kapal cepat dari pelabuhan Manado menuju pelabuhan Ulu Siau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dari pulau Siau, wisatawan dapat menyewa speed boat atau perahu besar. Akses dari Manado juga bisa ditempuh lewat trip dengan kapal regular yang berangkat sore, atau lewat Bitung dengan kapal feri.

Sangat disarankan untuk membawa makanan dan minuman, serta perlengkapan bertenda jika berkeinginan untuk bermalam di Mahoro. Sebab pulau ini tanpa sarana apapun, karena memang tidak berpenghuni, tetapi menjadikan suasana berwisata terasa sangat alami.

zonautara.com

Gunung Api Karangetang di pulau Siau terlihat dari arah pulau Mahoro, Sitaro. (Foto: zonautara.com/Ronny A. Buol)

Lengkapi pula dengan peralatan snorkling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau Mahoro. Jika nyali cukup besar, sempatkan untuk mencoba menelusuri gua sarang burung walet yang berada di sisi pulau. Goa tersebut sebagian terendam air. Dan di ujung sisi pulau lainnya terdapat karang bolong yang menggoda untuk dilewati. Hati-hati dengan hantaman ombak yang kadang tak terduga.

Dan jika beruntung, wisawatan bisa juga menangkap ikan dengan jala bersama nelayan yang sering mampir di Mahoro. Orang Siau, menyebutnya basoma. Sungguh perjalanan yang lengkap, jika sesudah itu acara bisa dilanjutkan dengan bakar ikan hasil tangkapan sambil menikmati kepulan asap dari kawah Karangetang di kejauhan.

 

Informasi Tambahan:

  • Jadwal Kapal Cepat dari Manado: Setiap hari tersedia, berangkat pukul 09.00 WITA, mampir di pelabuhan Tagulandang. Tiba di pelabuhan Siau sekitar pukul 14.00 WITA.
  • Jadwal Kapal Regular dari Manado: Setiap hari tersedia (kecuali Minggu), berangkat pukul 17.00 WITA dan tiba di Siau sekitar pukul 02.00 WITA.
  • Di Siau sudah terdapat Dive Centre yang menyediakan peralatan dive dan Snorkling termasuk guidenya.
  • Untuk akomodasi tersedia Hotel Jakarta di Ulu dan beberapa Penginapan yang nyaman.
  • Belum ada perahu secara regular ke Mahoro, pintar-pintarlah menawar harga ke penyedia jasa perahu sewaan. Kebanyakan mereka adalah nelayan.
  • Di Ulu terdapat banyak warung makan dengan berbagai pilihan. Jika ke Mahoro dan berkeinginan menginap di sana, beli makanan siap saja di Ulu, termasuk air minum.

 

Editor: Ronny Adolof Buol

EDITOR'S PICK

Lagi, Kejari Tomohon tahan tersangka kasus PD Pasar

Published

on

Tersangka saat akan dibawa ke Rutan Manado. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comSatu lagi tersangka kasus dugaan korupsi di Permukaan Daerah (PD) Pasar Kota Tomohon ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, Senin (15/7/2019).

Setelah dua lainnya, yakni HK alias Hof dan RN alias Rep yang keduanya merupakan mantan pejabat di PD Pasar, kini giliran mantan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PD Pasar, yakni TP yang ditahan korps Adhyaksa ini.

Tersangka TP yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Wali Kota Tomohon ditahan karena diduga melakukan tindak pidana korupsi dana PD Pasar Tomohon.

Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta mengatakan, pihaknya melakukan penahanan terhadap tersangka TP setelah pihaknya mendapatkan bukti permulaan yang cukup atas kasus tersebut.

“Seperti dua tersangka sebelumnya yang sudah kami tahan, tersangka TP juga dalam proses tahap II atau penyerahan tersangka dan barang bukti saat ini juga ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor : PRINT-11/R.1.15/Ft.1/07/2019,” ujar Wilke didampingi Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Arthur Piri.

Menurut dia, tersangka TP ditahan selama 20 hari ke depan di Rumah Tahanan Klas IIA (Rutan) Malendeng, Manado.

Dia menjelaskan, tersangka TP diduga telah melakukan peminjaman terhadap dana di kas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

“Tersangka pada tahun anggaran 2016, diduga melakukan peminjaman terhadap dana di kas PD Pasar Tomohon sebesar Rp175 juta, yang digunakan untuk kepentingan pribadi yang kemudian menimbulkan kerugian negara,” jelasnya.

Tersangka pun dijerat dengan Pasal Primair Pasal 2 ayat (1) dan subsider Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Pasal 2 ancaman hukumannya minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun dan untuk Pasal 3 minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun,” ujarnya.

Dia menambahkan, dari ketiga tersangka yang terjerat kasus tersebut, hanya tersangka TP yang sudah mengembalikan kerugian negara.

“Tersangka TP sudah mengembalikan kerugian pada tahap penyidikan sebesar Rp175 juta. Namun, berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Pasal 4 yang menyatakan, bahwa pengembalian kerugian negara tidak menghapuskan perbuatan tindak pidana,” pungkasnya.

Editor : Rahadih Gedoan

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com