Connect with us

HEADLINE

INSIGHT: Mereka Melawan Stigma Kusta

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZonaUtara.com – Banyak yang tak tahu jika Sulawesi Utara merupakan salah satu dari 14 provinsi di Indonesia dengan beban kusta tinggi.

Pada tahun 2015, Sulut mengoleksi 413 penderita kusta yang terdaftar dan ada 428 penderita baru yang terdata.

Provinsi Sulut belum keluar dari target pemerintah pusat yakni eliminasi kusta, dibawah angka 10 per 100.000 penduduk sebagai kategori low burden dalam hitungan new case detection rate.

Juga tak banyak yang tahu, bagaimana pekerja sosial yang tergabung dalam Netherlands Leprosry Relief (MLR) bekerja mendekati para penderita kusta yang terlanjur dikucilkan masyarakat.

Mereka yang terstigma sebagai orang yang kena kutukan mengalami beban mental yang tinggi. Padahal pemerintah menyediakan penanganan medis gratis bagi penderita bakteri Mycobacterium leprae ini.

Simak kisah para orang yang pernah mengalami kusta, serta bagaimana kondisi penyakit ini di Sulut dalam INSIGHT, sebagai laporan mendalam khas ZonaUtara.com: INSIGHT KUSTA DI SULUT.

Ikuti terus Zonautara.com untuk liputan-liputan mendalam lainnya.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HEADLINE

Total akumulatif 1633 kasus positif di Sulut, 999 dari Manado, Minahasa 166

Sudah sebanyak 367 orang yang sembuh.

Bagikan !

Published

on

Pemeriksaan swab test
Persiapan pemeriksaan swab test covid-19 di Sulut. (Foto: Zonautara.com/Ronny A./ Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Selang empat bulan kejadian penularan SARS-CoV-2 penyebab covid-19 di sulawesi Utara, kini total kasus positif terkonfirmasi yang dapat dideteksi sudah mencapai 1.633 kasus.

Angka ini merupakan update dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covud-19 provinsi Sulut yang diumumkan hingga Sabtu (11/7/2020).

Baca: Detil 74 kasus baru corona di Sulut pada 12 Juli

“Hari ini ada penambahan 74 kasus baru, yang membuat total kasus positif secara akumualtif di Sulut sudah mencapai 1.633 kasus,” tulis Juru Bicara Satgas Covid-19, Steaven Dandel melalui rilis yang diterima Zonautara pada Sabtu malam.

Saat ini seluruh 15 kabupaten/kota di Sulut sudah terpapar virus corona. Tak ada lagi yang tidak melaporkan adanya kasus positif. Terakhir adalah Kabupate Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kini di Sitaro yang sempat mempersiapkan aktivitas sosial normal sudah mengoleksi enam kasus positif, yang membuat Bupati Sitaro Evangelian Sasingen menutup aktivitas dua pasar tradisional di pulau Siau.

Kota Manado menjadi daerah di Sulut yang paling tinggi sebaran kasus positif terkonfirmasi virus corona. Kota Manado yang tidak melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini sesuai dengan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, secara akumulatif mencatat 999 kasus positif.

Meski angka ini berbeda dengan data yang ada di website Informasi Covid-19 Pemkot Manado, namun angka penularan virus corona di Manado sangat tinggi. Data di website Pemkot Manado mencantumkan angka total kasus positif sebanyak 963 kasus, dimana kasus yang masih aktif sebanyak 740 kasus, 156 sudah sembuh dan 67 orang meninggal.

Daerah lain di Sulut yang punya angka kasus positif cukup tinggi adalah Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.

Di Minahasa hingga Sabtu (11/7) tercatat ada 166 kasus positif. Jumlah ini berbeda satu angka dengan data yang dirilis oleh Pemkab Minahasa yang menyebut ada 167 kasus positif. Dari 167 kasus positif tersebut, yang masih aktif ada sebanyak 97 orang.

Sementara di Tomohon, jumlah total kasus positif sesuai data dari Dinkes Prov Sulut ada sebanyak 135 kasus, yang berbeda satu angka dengan website Covid-19 Pemkot Tomohon yang tertera 134 kasus. Dari 134 kasus positif, yang masih aktif ada sebanyak 97 orang, 30 sudah sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Daerah lain dengan kasus mendekati angka 100, adalah Kota Bitung dengan 97 kasus positif dan Minahasa Utara yang sudah mencatat 93 kasus positif.

Berikut daftar distrubusi kasus positif di Sulut hingga Sabtu (11/7/2020), sesuai dengan data di Dinkes Provinsi Sulut.

DaerahTotal Kasus Positif
Kab. Sangihe7
Kab. Sitaro6
Kab. Talaud8
Kota Bitung97
Kab. Minahasa Utara93
Kota Manado999
Kab. Minahasa166
Kota Tomohon135
Kab. Minahasa Selatan23
Kab. Minahasa Tenggara11
Kab. Bolaang Mongondow7
Kab. Bolaang Mongondow Utara4
Kab. Bolaang Mongondow Selatan4
Kab. Bolaang Mongondow Timur2
Kota Kotamobagu23
Luar wilayah36
Masih diverifikasi12
Total1633

“Dari 1.633 total kasus positif di Sulut, yang masih dirawat ada sebanyak 1.163 orang, dimana sebanyak 367 orang sudah sembuh dan 103 orang meninggal,” rinci Dandel.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com