Connect with us

Zona Manado

Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa Fisip Buka Taman Literasi

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip), khususnya Jurusan Ilmu administrasi membuka taman baca yang disebut Taman Literasi untuk seluruh mahasiswa Fisip Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (4/9/2018).

‌Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Ilmu Administrasi Dereifel Amihi menjelaskan, kegiatan ini demi meningkatkan minat baca mahasiswa agar lebih menambah wawasan mengenai ilmu sosial dan polotik.

[tabs tabs=”‹º›‹¹›” __fw_editor_shortcodes_id=”7c702904f795d9f012f9af7bf1aba317″ _array_keys=”{‹²›tabs‹²›:‹²›tabs‹²›}” _fw_coder=”aggressive”][/tabs]

“Selain itu juga, Taman Literasi ini demi menunjang program kerja Himaju Ilmu Administrasi khususnya Divisi Pengabdian Pada Masyarakat,” kata Dereifel.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 Wita sampai sore hari ini mendapat respon baik dari mahasiswa Fisip. Di mana, banyak mahasiswa yang datang melihat-lihat, bahkan membaca buku-buku yang terpajang di lokasi Taman Literasi Fisip.

Menurut Dereifel, buku-buku yang terpajang di Taman Literasi ini mencakup ilmu sosial dan politik.

“Buku-buku didapat dari sumbangan teman-teman mahasiswa Fisip untuk dijadikan sumber ilmu bersama,” kata mahasiswa Semester VII Program Studi Administrasi Negara.

Taman Literasi ini, kata dia, akan diadakan kembali, melihat situasi dan kondisi yang tepat dengan meningkatkan buku-buku yang akan dipajang nanti  dan juga menambah tempat para mahasiswa untuk membaca, agar lebih menambah daya tarik mahasiswa dalam membudayakan membaca buku.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Manado

Manado terobos inflasi tertinggi di seluruh Pulau Sulawesi

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Bulan Juli 2019, inflasi di Kota Manado berhasil menerobos posisi tertinggi dibanding Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) lainnya yang ada di Pulau Sulawesi Utara. Inflasi Kota Manado tercatat sebesar 3,60 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Makassar sebesar 0,05 persen. Secara umum, kota-kota IHK di Pulau Sulawesi yang berjumlah 11 kota, tercatat semua kota mengalami inflasi pada Juni 2019.

Berdasarkan Data Resmi Statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), inflasi tahun kalender Kota Manado sebesar 4,77 persen dan inflasi year on year sebesar 5,10 persen., Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Marthedy M Tenggehi menjelaskan bahwa inflasi Kota Manado pada bulan Juni 2019 disebabkan adanya peningkatan indeks pada beberapa kelompok pengeluaran.

“Kelompok pengeluaran bahan makanan naik sebesar 13,73 persen; kelompok pengeluaran kesehatan naik sebesar 1,77 persen; kelompok pengeluaran sandang naik sebesar 0,22 persen; kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik sebesar 0,19 persen; serta kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 0,04 persen,” jelasnya.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, kata Marthedy, adalah kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,11 persen dan kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,03 persen.

“Penyumbang Inflasi terbesar di Kota Manado pada bulan Juni 2019 yaitu tomat sayur sebesar 3,4514 persen, sedangkan penyumbang Deflasi terbesar adalah cabai rawit sebesar 0,3128 persen,” kata Marthedy.

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com