Loading...
Copy

Punya Peluang Besar, 186 Ribu Formasi Untuk CPNS Daerah

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sebanyak 186.744 formasi disediakan oleh pemerinta untuk daerah dibandingkan pusat dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kali ini.

Dari 238.015 lowongan yang akan dibuka pendaftarannya mulai 19 September itu, CPNS Pusat hanya kebagian 51.271 formasi, atau 78,5 persen formasi untuk daerah.

Itupun daerah masih akan ketambahan sebanyak 12 ribu formasi guru madrasah dari pusat dibawah Kementerian agama, yang akan ditempatkan di daerah.

Penerimaan CPNS tahun ini memang sudah ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya selama tiga tahun terakhir, pemerintah menerapkan moratorium (penghentian sementara) penertimaan CPNS, terutama untuk formasi yang berkaitan dengan administratif.

Sumber: BKN, data dikutip dari Publikasi Statistik Indonesia 2017.

 

Akibat moratorium yang cukup lama itu, berbagai formasi yang diperlukan tidak terisi, dan kini saatnya pemerintah membuka kembali kran penerimaan CPNS.

Profesi PNS memang masih menjadi incaran masyarakat. Sebabnya adalah jaminan memperoleh gaji pokok, jam kerja serta tunjangan yang pasti serta mendapat pensiun.

Dikutip dari liputan6.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan menuturkan, ada dua hal yang menjadi alasan kini PNS menjadi digemari dan diburu oleh banyak masyarakat Indonesia.

“Pertama menjadi PNS, pensiun Anda akan terjamin. Kedua dari kementerian dan lembaga pusat sudah terintegrasi untuk karier menjadi PNS ini,” tutur Ridwan beberapa waktu lalu.

Ikuti informasi dan perkembangan penerimaan CPNS 2018 di Zonautara.com

 

Editor Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.