bar-merah

Stop Buang Sampah di Laut

MANADO, ZONAUTARA.comGubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menegaskan kepada seluruh masyarakat agar sadar dan segera mungkin menghentikan kebiasaan membuang sampah ke laut, agar generasi penerus tidak menderita.

Demikian diungkapkan Olly di sela-sela Lomba Sapu Laut dan Bersih Sampah Pulau Bunaken, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulut ke-54, di Pantai Liang Bunaken, Jumat (7/9/2018).

Olly mengatakan, banyak kerugian jika masyarakat masih saja membuang sampah ke laut, terlebih jika membuang sampah plastik. Menurut dia, hal tersebut sangat berbahaya jika sampah termakan oleh ikan dan ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia, terutama oleh ibu yang sedang mengandung, dampaknya sangat membahayakan, terutama bagi bayi yang dikandung.

“Sangat diharapkan kesadaran penuh dari masyarakat Sulut agar tidak membuang sampah sembarangan, seperti kebiasaan membuang sampah di sungai, karena ujungnya sampah itu akan menuju laut,” ujar politisi PDIP itu.

Olly juga mengajak kepada pemerintah kabupaten/kota untuk terus memberikan pendidikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sampah di perairan Bunaken yang berhasil diangkat. (Foto: Humas Pemprov)

“Jika lingkungan bersih maka akan tercipta kehidupan sehat. Jika laut bersih, ekosistem yang ada di laut akan terjaga dengan baik, terlebih di seputaran perairan Pulau Bunaken yang merupakan ikon wisata andalan Sulut dengan taman laut yang indah, sangat disayangkan jika seputaran perairan Bunaken masih ditemukan sampah, akan berdampak buruk yang besar hingga kehidupan ekonomi masyarakat juga,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Zona Maritim Tengah Bakamla RI Brigjen Pol Bastomy Sanap mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk sadar akan kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah ke laut demi kehidupan generasi berikut.

Diketahui, dalam lomba sapu laut dan bersih sampah, telah dibersihkan sampah dari laut dan darat seberat  1. 270 kg oleh para peserta. Adapun peserta yang membersihkan sampah terbanyak mendapatkan hadiah dari Gubernur.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com