bar-merah

Letusan Gunung Soputan Tak Pengaruhi Aktivitas Penerbangan

MANADO, ZONAUTARA.com Gunung Api Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) meletus, sekitar pukul 08.47 Wita, Rabu (3/10/2018).

Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan, tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut. Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut.

Namun begitu, letusan Gunung Api Soputan ini pun dinyatakan tidak memengaruhi aktivitas penerbangan.

Volcano Observatory Notice of Aviation atau VONA pun dinyatakan Orange. Artinya, erupsi Gunung Soputan tersebut tidak mengganggu penerbangan.

ZONAUTARA.com

Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado tetap dinyatakan tetap beroperasi normal. Pasalnya, posisi bandara berada di Tenggara dari Gunung Soputan.

Pihak Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado ketika dikonfirmasi melalui Humas Harold Lontoh membenarkan hal tersebut.

“Terkait aktivitas Gunung Soputan sampai saat ini belum berpengaruh pada penerbangan dari dan ke bandara Samrat. Kami tetap berkoordinasi dengan BMKG, Pusat Volkanologi, serta instansi lain yang terkait aktivitas Gunung Soputan tersebut,” ungkapnya kepada Zona Utara.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com