Connect with us

Sosial Kemasyarakatan

Jurnalis di Kotamobagu Mendapat Pelatihan Liputan Investigasi Berbasis Data

Published

on

zonautara.com

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Sebanyak 20 jurnalis yang meliput di wilayah Kotamobagu mendapat pelatihan tentang data driven. Pelatihan itu digelar di Hotel Sutan Raja, mulai hari ini Rabu (24/10/2018) hingga Kamis (25/10).

Selama dua hari tersebut para jurnalis mendapat berbagai materi bagaimana penggunaan teknik data driven dalam mendukung liputan investigasi.

Koordinator kegiatan Budhy Nurgianto menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan sejalan dengan komitmen pemerintah dalam open government partnership, dalam mendorong penggunaan data yang lebih transparan dan partisipatif. Hal itu harus diikuti dengan semangat pemanfaatan open data di kalangan jurnalis dalam menghasilan reportase yang berbobot.

Platform dan gerakan ini memberikan kebebasan berekspresi dan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat sipil dan jurnalis untuk bertindak sebagai pengawas dengan memantau perilaku pejabat pemerintah, pelayanan publik, serta mengekspos kasus korupsi,” jelas Budhy.

Namun menurut dia, media yang melaporkan korupsi dan yang memanfaatkan informasi publik yang tersedia untuk tujuan investigasi masih sangat rendah. Akibatnya, nilai pertanggungjawaban sering dangkal dan gagal memberikan analisis mendalam dalam menemukan kritik terhadap berbagai isu.

Selama dua hari para jurnalis akan difasilitasi oleh tiga pemateri untuk memahami bagaimana kerja-kerja investigasi dan pemanfaatan data terutama dari sumber open data.

Kegiatan yang didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat ini merupakan pelatihan yang ketiga tentang liputan investigasi berbasis data dalam sebulan terakhir di Sulawesi Utara.

Sebelumnya telah digelar pelatihan traning of trainer data driven journalism dan pelatihan serupa yang diikuti 20 jurnalis di Kota Manado dan sekitarnya.

Dalam pelatihan di Kotamobagu ini hadir pemateri Hesty Harimukti dari Independen.id dan AJI Indonesia; Ronny Buol dari Zonautara.com dan Budhy sendiri dari Majalah Tempo.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sosial Kemasyarakatan

Di Summer Camp, Anastasya bekali anak-anak Pasar Bersehati soal jurnalistik

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.comIven Summer Camp yang dilaksanakan Komunitas Dinding Manado, membekali sebanyak 36 anak-anak di Pasar Bersehati Manado, tentang pengetahuan jurnalistik, Sabtu (13/07/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Yonif 712 Teling, menghadirkan narasumber Presenter Kompas TV Manado, Anastasya Lensun.

Di mana, Anastasya memotivasi setiap anak agar memiliki moto hidup berdoa, berusaha dan yakin.

Dia mengatakan, menjadi presenter atau wartawan harus memiliki mental yang kuat dan siap ditempatkan di mana saja.

Dia berkisah, dirinya terus berusaha walaupun pernah gagal sebanyak 5 kali untuk mengapai cita-cita. Salah satunya, gagal kuliah di Cina dan gagal menjadi Polwan.

“Mari jadikan mimpi menjadi nyata. Sesuai dengan tema yang ada, agar adik-adik bisa sukses seperi kakak, jadi presenter yang bisa kenal dengan orang-orang besar seperti Gubernur,” ungkap Presenter yang akrab disapa Tasya ini.

Dalam kesempatan itu, Anastasya juga  memberikan motivasi soal Presenter yang dilandaskan dengan praktik.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com