Truk Akan Dipasangi Black Box

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Pemerintah sedang berencana untuk memasangi kendaraan angkutan penumpang maupun angkutan barang dengan teknologi global positioning system dan black box (kotak hitam).

Direktur Angkutan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani menjelaskan, bahwa tujuan dari rencana ini adalah untuk mencegah kecelakaan.

“Agar pengusaha tahu juga ulah pengemudi, cara dia mengendarai kendaraan tersebut, ngebut atau nggak dan lainnya,” ujar Ahmad Yani sebagaimana dinukil dari viva.co.id.

Sebagai rencana awal, kotak hitam akan dipasang pada angkutan besar, yakni truk dan bus. Belum jelas kapan rencana itu akan direalisasikan.

Black box di kenderaan angkutan darat sebenarnya sudah mulai diterapkan. Perangkat yang disebut Daynafleet menjadi salah satu teknologi unggulan Volvo Truck Indonesia (VTI).

Perangkat ini berguna untuk mengukur keakuratan efesiensi bahan bakar. Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur beragam yang berfungsi layaknya black box dalam pesawat.

Dikutip dari Kompas.com, Head of Marketing VTI, Bagus Pranoto menjelaskan bahwa Daynafleet juga berguna untuk memantau semua aktifitas pengendara selama mengemudikan truk.

“Dengan Daynafleet kita bisa melihat data, bahkan menarik data tersebut. Mulai dari bahan bakar, GPS untuk mengetahui posisi truk, semua akan terekam,” ucap Bagus.

 

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.